Pariwisata

Pemkab Inhil Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Pemandu Wisata Alam

TEMBILAHAN (MR) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) menggelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Pelatihan Pemandu Wisata Alam tahun 2019.

Kegiatan yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik itu diselenggarakan selama 4 hari yakni dari tanggal 29 November sampai 2 Desember 2019.

Pelatihan dua kelas itu digelar secara terpisah. Untuk Tata Kelola Destinasi Pariwisata berlangsung di Aula Hotel Elite Tembilahan, sedangkan untuk Pemandu Wisata Alam berlangsung di Aula Hotel Inhil Pratama.

Penyelenggara menghadirkan beberapa Narasumber yang dinilai berkompeten dibidang kepariwisataan yakni Praktisi Pariwisata, Akademisi hingga Jurnalis aktif dibidang kepariwisataan.

"Begitu banyak objek wisata di daerah kita ini yang bisa kita kembangkan," kata Sekda Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin dalam sambutan saat membuka resmi pelatihan tersebut.

Hal serupa, Kepala Disparporabud Kabupaten Inhil, Junaidi Ismail mengagumi terhadap berbagai objek wisata yang ada. Upaya pengembangan terus dilakukan, baik wisata Alam hingga Even-even tertentu.

Bahkan menurutnya, sejumlah wisata alam Inhil yang ada merupakan peluang besar bagi masyarakat setempat. Dengan begitu, pihaknya menyelenggarakan pelatihan tersebut.

"Dari momen ini, kami ingin membangun ekosistem, maka diambil dari berbagai kalangan seperti komunitas penggiat pariwisata, jurnalis hingga penduduk setempat di wilayah wisata," kata Jhon Koteng, sapaan akrab Junaidi Ismail.

Tanpa dukungan dari semua komponen tersebut, menurut Koteng rasanya sia-sia upaya selama ini. Makanya, peserta dari praktisi, akademisi dan jurnalis dinilai mampu membantu pemerintah dalam mengembangkan wisata-wisata yang ada, bahkan menggali potensi wisata lainnya.

"Pesan kami, bangunlah narasi tentang daerah Kabupaten Inhil," tutupnya.***(mir)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan