Riau

Tinggalkan Cara Lama, Pemilihan Ketua OSIS MTs Darul Falah Concong Gunakan Sistem e-Vote

Wais Alqarni, S.Pd.I

CONCONG (MR) - Menjelang pemilihan Ketua OSIS MTs Darul Falah periode 2020, Panitia Pemilihan Raya (Pemira) memberikan kesempatan kepada dua pasangan calon ketua dan wakil ketua untuk me nyampaikan visi, misi dan program yang menjadi perhatian oleh setiap pasangan calon (5/12/2019).

Pasangan nomor urut 1, Okta Syahfitri Ramadhan - Siti Rokayah dalam paparannya lebih menitik beratkan pada kegiatan-kegiatan keagamaan, sedangkan pasangan nomor urut 2, Ulia Safitri - Alfatehah lebih kepada kegiatan sosial yang sifatnya untuk masyarakat sekitar disamping mempromosikan madrasah.

Kedua calon pemimpin yang akan menakhodai OSIS MTs Darul Falah yang bernama Ikatan Pelajar Putra Putri Darul Falah (IP3 Dafa) periode 2020 ini akan memperebutkan sebanyak 99 suara siswa, 13 suara guru dan karyawan. Adapun Pemilihan dilakukan pada hari Jum'at (6/12/2019) pukul 08.00 WIB melalui sistem e-vote.

Kepala MTs Darul Falah Dewi Haryati, S.Pd.I melalui guru pembimbing Wais Alqarni, S.Pd.I menjelaskan bahwa para panitia pemilihan raya sudah dilatih untuk mensosialisasikan sistem ini.

"Kami sengaja tidak menggunakan sistem manual yang berbasis kertas seperti pada umumnya, karena menimbang efektivitas dan efisiensi waktu, dengan menggunakan aplikasi e-vote ini, lebih menghemat kertas dan lebih cepat proses penghitungannya, hanya dalam hitungan detik sudah diketahui hasilnya, tergantung kecepatan pemilih dalam meng-klik calon yang ia pilih," kata Wais.

Selain itu, tambahnya, juga untuk mengajarkan kepada siswa bahwa sebenarnya tidak semua teknologi itu berdampak negatif, tergantung penggunaannya untuk apa. Diharapkan dengan adanya pemilihan OSIS menggunakan sistem e-vote ini agar siswa Darul Falah tidak terlalu gaptek meskipun jauh dari perkotaan," terangnya.

Dampak dari e-vote ini sangat luar biasa bagi siswa MTs, terlihat dari antusias siswa untuk memberikan hak pilihnya sangat tinggi. Hal ini disampaikan salah satu siswa kelas IX Rahmad Riduan.

"Bagus sistem seperti ini, kami belum pernah mencoba hal seperti ini, alhamdulillah tahun ini kami bisa merasakan sensasi baru dalam pemilihan ketua OSIS," imbuhnya.***(mir/humas)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan