Nasional

Peristiwa 8 Desember: Revolusi Brunei Pecah hingga Penembakan John Lennon Fadel Prayoga

MONITORRIAU.COM - Sejumlah peristiwa terjadi pada 8 Desember. Salah satu kejadian yang paling diingat pada hari ke-343 dalam kalender Gregorian itu adalah terjadinya Revolusi Brunei pada tahun 1962 yang dipimpin oleh Yassin Affandi.

1938-Graf Zeppelin Diluncurkan

Graf Zeppelin adalah kapal induk milik Kriegsmarine, yang mendapat namanya dari Graf Ferdinand von Zeppelin. Kapal ini merupakan satu-satunya kapal induk Jerman pada Perang Dunia II.

1962-Revolusi Brunei pecah dipimpin oleh Yassin Affandi dan pemberontak bersenjatanya.

Kesultanan Brunei Darussalam

Pemberontak memulai serangan terhadap kota minyak Seria, mengincar instalasi minyak Shell dan menyerang pos polisi dan fasilitas pemerintahan di sekitar protektorat. Pemberontakan ini dianggap sebagai salah satu tahap awal Konfrontasi Indonesia-Malaysia.

1980-Mark Chapman menembak John Lennon. 

Saat Lennon memasuki bangunan apartemennya, Chapman mencabut pistol, memanggil Lennon, lalu menembakinya beberapa kali. Lennon jatuh, dan meninggal dalam perjalanan ke RS akibat kehabisan darah.

Chapman menjadi warga negara Amerika dan narapidana yang terkenal karena membunuh musisi bernama lengkap John Winston Lennon itu.

1991 –Uni Soviet Dibubarkan

Penguasa Rusia, Ukraina dan Belarus membubarkan Uni Soviet dan mendirikan Persemakmuran Negara-Negara Merdeka.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan