Nasional

Anies Baswedan Sebut Kota Powerful se-Indonesia Adalah Jakarta

JAKARTA (MR) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Jakarta Baznas (Bazis) Entrepreneur Empowerment (Jakbee) dan Bantuan Biaya Pendidikan. Di hadapan para peserta acara, Anies mengatakan Jakarta merupakan kota paling powerful di Indonesia.

"Tidak ada kota di Indonesia yang memiliki potensi jaringan se-powerful Jakarta, tidak ada," ujar Anies di Jakarta Internasional Velodrome, Jalan Balap Sepeda, Pulo Gadung, Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Anies mengatakan Jakarta memiliki banyak jejaring international, apalagi ada ratusan kedutaan besar negara sahabat ada di Jakarta. Ia pun menganjurkan para mahasiswa untuk membangun jaringan di Jakarta.

"Semua (kedutaan dan perusahaan Internasional di Jakarta) punya hari jadinya. Berapa banyak mahasiswa yang kalau ada hari jadi, datang? Untuk apa? Networking. Karena semua perusahaan besar pasti hadir, tidak ada kantor international sebanyak Jakarta, kota manapun," ujar Anies.

Di hadapan mahasiswa, Anies bercerita mengenai pentingnya membangun jaringan. Dia menganjurkan para peserta acara untuk mempunyai kartu nama agar mempermudah membangun relasi.

"Teman-teman saya anjurkan yang ada disini untuk punya kartu nama, saat datang event mana pun, ingat ada 2.000 orang di sini, bagaimana caranya supaya saya menjadi orang yang tersambung dengan si A, si B, si C, yang lain," kata Anies.

Dia mencontohkan ada seorang mahasiswa yang memberikan kartu nama seusai pemberian piala oleh Anies. Menurutnya, mahasiswa itu punya strategi marketing dan membangun relasi dengan cara yang cerdik.

"Ada salah seorang peserta yang selesai pemberian piala, dia menyerahkan kartu bisnisnya ke saya, namanya Gita Mutiara Nabila. Jadi dia tahu persis, ini mumpung depan panggung, kesempatan marketingdan connecting bukan? Rugi betul maju ke depan, tapi tidak connecting," tutur Anies.

"Jadi dia bawa kartu, jadi kartu itu diserahkan otomatis, saya tidak lupa dengan nama ini, Gita Mutiara Nabila. Teman-teman, kalau dia memberi kartu, saya beri kartu, jadi dia satu-satunya yang dapat kartu nama saya," lanjutnya.

Acara di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) itu dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai kampus. Mahasiswa mengajukan proposal bisnis dan dinilai oleh panitia sesuai dengan tingkat fungsi, inovasi dan kreasi.

Peserta yang inovasinya terpilih akan mendapatkan penghargaan, uang tunai, serta beasiswa. Inovasi tongkat khusus tunanetra menjadi juara 1 pada penyelenggaraan kali ini.***

Sumber: detik.com | Editor: Mirwan




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan