Riau

Saka Bahari Lanal Dumai Ikuti PERAN SAKA Daerah Riau di Pekanbaru

Pamong Saka Bahari Lanal Dumai, Arni Iswari,S.Si,M.Pd bersama Ketua Kwarda Riau H.M. Azaly DJohan,S.H.

DUMAI (MR) - Satuan Karya Pramuka Bahari (Saka Bahari) Lanal Dumai menikuti Perkemahan Antar Saka (PERAN SAKA) daerah Riau tanggal 27 November-1 Desember 2019, di bumi perkemahan PUSDIKLATDA RIAU jalan Pramuka no 100 Rumbai Pesisir Pekanbaru.

Hal tersebut disampaikan salah seorang pamong Saka Bahari Lanal Dumai, Arni Iswari,S.Si,M.Pd kepada monitorriau.com kemarin.

Jelang keberangkatan rombongan Saka Bahari Lanal Dumai ke Pekanbaru 

"Alhamdulillah saya dapat mendampingi adik-adik Saka Bahari ke even Provinsi Riau yaitu mengikuti kegiatan PERAN SAKA daerah Riau tahun 2019," kata Arni.

Dijelaskan Arni, PERAN SAKA itu adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang menjadi anggota Satuan Karya Pramuka (Saka), berbentuk perkemahan besar, yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa saka yang ada di Provinsi Riau salah satunya Saka Bahari Lanal Dumai.

Pelepasan rombongan di Kwartir Cabang Dumai

Peserta yang ikut dari Saka Bahari Dumai 10 laki-laki yaitu: M. Yuda Alfikra, M. Hafizd Rafsanjani, Surya, Krisna Bramantio,  Haikal Fajri, Mustakim, Dafa Rifansyah, Lukman Hakim , syarafi dan givari Lazuardi.

Lalu 9 orang perempuan yakni: Tazkiya Paramadini, Aulia Risky Harlina,  Salsabila Dinda, Yulia Rahmawati, Elda Tiurma, Dini Afrilia rahmah, Pazmi Fajarwati, Nurul Syafitri Ramadhani, Citra lestari. Juga didampingi oleh instruktur saka bahari Letda Laut (KH) Justin dan Serma Reza Helvetio, serta pamongnya M.Harinaldi, Ima nurmaini, Revi dan Arni Iswari,S.Si,M.Pd.

Berfoto bersama Ketua Kwarda Riau

Keberangkatan rombongan dimulai dari Lanal Dumai dan dilanjutkan pelepasannya di kwartir cabang Dumai yang dihadiri oleh beberapa orang pengurus kwarcab Dumai dan dilepas oleh Kakak bujang Alwi.

Dalam acara di Pekanbaru tersebut, Saka Bahari Dumai mengikuti beberapa rangkaian kegiatan antara lain malam lancang kuning, upacara pembukaan pada hari Kamis tanggal 28 November 2019 oleh ketua Kwarda Riau H.M. Azaly DJohan,S.H.

Mengikuti Upacara Pembukaan acara PERAN SAKA daerah Riau 2019

Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh semua saka yang ada di daerah Riau, permainan rakyat, pesta rakyat, duta saka, barista, babershop dan MUA Perlombaan pembuatan video.

"Pada perlombaan pentas seni kita mendapatkan juara 3 dan perlombaan orasi kebangsaan Alhamdulillah mendapat juara 1. Lomba cost play national superhero juga mendapatkan juara 1. Saat penutupan dilakukan pembakaran api unggun acaranya sangat hikmah dan peserta merasa sangat berat untuk meninggalkan area perkemahan pada besok harinya," ungkap Arni.

Anggota Saka Bahari Dumai saat acara lomba Costplay Super hero

"Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar walaupun ada beberapa kendala yang salah satunya hari hujan, sehingga ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan tidak tepat waktu. Sedangkan untuk yang lainnya kegiatan sangat meriah dan menarik apalagi adanya perlombaan yang membuat anak-anak menjadi semangat untuk melihatnya," Jelas Arni lagi yang merupakan guru berprestasi yang telah menulis beberapa buku itu.

Usai mengikuti lomba tari

Diharapkan kegiatan ini dapat rutin digelar minimal 3 tahun sekali, guna mempererat persaudaraan dan menambah teman yang ada di daerah Riau khususnya yang mengikuti kegiatan saka ini. Diharapkan juga tuan rumah kegiatan ini dilaksanakan berganti-ganti. Sehingga tidak membosankan anak-anak dalam kegiatan. 

Kontingen Saka Bahari Dumai  berfoto bersama usai menerima piala dan hadiah lomba yang dimenangi

"Dan harapan saya yang paling dalam buat Saka Bahari, semoga Danlanal Dumai serta Dispotmar kami Letda Laut (KH) Justin selalu mendukung kegiatan ini. Terima kasih buat Danlanal Dumai dan kk Justin," tutup Arni. (Red/MR)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan