Riau

Akademisi Pariwisata: Pantai Solop Patut Dikembangkan

Risna Yanti, M.Par mengenakan baju warna biru bersalaman dengan salah satu wartawan Kabupaten Inhil di Pantai Solop

TEMBILAHAN (MR) - Seorang akademisi dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Pekanbaru, Risna Yanti M.Par menilai bahwa Ekowisata Pantai Solop memiliki potensi yang luar biasa bagi wisatawan.

Pasalnya, sejauh ini sajian alamnya terbilang mengagumkan, langka bagi daerah lain. Memiliki Hutan Mangrove (pohon bakau) yang alami serta pasir pantai dari sersah kulit kerang.

"Pantai ini bisa jadi wisata utama di daerah ini," kata Risna kepada MonitorRiau.com di Pantai Solop Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)-Riau, belum lama ini.

Apalagi katanya, kegiatan wisatawan saat ini sudah mengarah kepada lingkungan asri yang mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pembelajaran dan pendidikan. Sebab itu, tak salah jika Pantai Solop menjadi arah tujuan berwisata.

Namun di sisi lain, dengan nada ramah, wanita berhijab ini sedikit mengoreksi soal tata letak tempat bersantai. Sampai saat ini dinilainya belum tertata sepenuhnya.

"Mungkin karena masih dalam proses pengembangan," tuturnya.

Dia juga menyarankan untuk selalu peduli terhadap kebersihan lingkungan, terutama kepedulian dari penduduk setempat. Perbanyak tempat pembuangan sampah sebagai langkah mudah menjaga kebersihan.

"Manjakan mata wisatawan terlebih dahulu, agar objek wisata ini semakin diminati banyak orang," sarannya.

Sebagaimana diketahui, sejak beberapa tahun lalu, destinasi wisata di Pulau Cawan itu semakin melegit dikalangan masyarakat lokal khususnya, dan menggema hingga luar daerah merupakan upaya pengembangan dari Pemkab Inhil bersama masyarakat setempat.

Sampai detik ini, Bupati Inhil HM Wardan tak henti-hentinya memaksimalkan ekowisata tersebut.

"Pantai ini memang memiliki potensi yang tinggi untuk dikembangkan dan memiliki daya tarik yang tinggi. Perlu bantuan investor bagaimana cara mengemasnya," tutur Wardan.***(mir)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan