Diskusi Sensus Penduduk 2020

Abdul Haris: Mengetahui Kondisi Masyarakat Diperlukan Data Berkualitas

Sekda Rohul H. Abdul Haris saat membuka kegiatan Sensus Penduduk tahun 2020 di Sapadia Hotel, Senin (16/12/2019)

ROHUL (MR) - Dalam rangka menyongsong pelaksanaan Sensus Penduduk tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rokan Hulu, melaksanakan acara Fokus Group Discussion, dengan Judul “Satu Data Kependudukan Sinergi Meningkatkan Partisipasi dan Kolaborasi dalam Penyediaan Data Kependudukan Berkualitas”, di Sapadia Hotel yang berlangsung dari tanggal 16-17 Desember 2019.

Dalam acara tersebut, turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris, S.Sos, M. Si, Wakil Ketua DPRD Rokan Hulu M. Sahril Topan. Kepala BPS Provinsi Riau Drs. Misfaruddin, M. Si, Kepala BPS Kabupaten Rokan Hulu, Hari Prasetyo, Kepala OPD, Mewakili Kapolres, Mewakili Ketua Pengadilan Agama Pasirpengaraian, Kepala Bidang Statistik sosial, BPS Provinsi Riau, Ahmad Azhari, Camat dan Kepala Desa serta undangan lainnya.

Dalam penjelasannya, Kepala BPS Provinsi Riau Drs. Misfaruddin, M. Si mengatakan, bahwa Data prioritas kedepan adalah data yang berkaitan dengan Sustainable Development Goal (SDGi). Untuk itu dalam rangka pelaksanaan Sensus Penduduk tahun 2020, pendataan dilaksanakan berbeda dengan sensus-sensus sebelumnya. Jika sensus penduduk yang dilaksanakan 6 kali sebelumnya dilaksanakan dengan mendata langsung, maka untuk sensus penduduk 2020 masyarakat diberikan kesempatan untuk mendata diri sendiri melalui program online.

Disamping itu ada pembagian pelaksanaan pendataan yaitu data dasar dilaksanakan oleh BPS, data sektoral atau produsen data dinas terkait atau OPD yang wali datanya dinas Kominfo, dilengkapi dengan partisipasi masyarakat, sehingga data yang ada menjadi terkolaborasi, dan menjadi satu portal data Rokan Hulu, yang dapat diakses oleh semua pengguna data.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Rokan Hulu Abdul Haris S. Sos, M. Si, mengatakan bahwa kegiatan hari ini sesuatu yang penting, tapi sebahagian kita tidak mengagab penting.

“Data merupakan suatu dasar perencanaan dan pelaksanaan atau dapat dikatakan bahwa seluruh yang kita laksnakan sebenarnya di dasarkan kepada data, agar sesuai dengan harapan dan tujuan, apalagi sensus penduduk tahun 2020 mendatang dilaksakan secara online,” ujar Abdul Haris.

Sekda menambahkan, kedepan data dapat berkualitas dan bermutu sebagai dasar kita untuk mengetahui kondisi masyarakat, jumlah penduduk, pekerjaan, mobilisasi serta perpindahan penduduk di daerah kita. Sehingga meminimalisir masyarakat yang tidak dapat di layani oleh pemerintah.

“Pemkab Rohul pada prinsipnya siap mendukung dan membantu pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, sesuai dengan kemampuan dan kewenangan yang dimiliki. Pemkab Rokan Hulu juga akan menggerakkan semua aparatur terkait, seperti camat dan kepala desa untuk mendapatkan data yang benar dan berkualitas,” ujar Sekda usai melaksanakan penandatanganan komitmen bersama dengan BPS dan pihak terkait lainnya.

Sementara itu dalam forum diakusi yang menyajikan 2 nara sumber yaitu Kadisdukcapil Rohul Syaiful Bahri dan Kabid Statistik Sosial BPS Ahmad Azhari dengan Moderator Kadiskominfo Rokan Hulu Yusmar.

Para nara sumber menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan Sensus Penduduk 2020 dan data Kependudukan dari Disdukcapil, yang ditanggapi dari Kabid Sosbud Bappeda Rohul, Febri tentang perlunya antisiapsi data pribadi melalui online agar tidak digunakan berbagai pihak secara tidak bertanggung jawab.

Sementara Camat Rambah Samo, Ari Gunadi mempertanyakan konsekwensi penggunaan data dan terjadinya perbedaan data dari berbagai dinas instansi, sementara yang bertanggung jawab terhadap data adalah BPS. Menanggapi hal itu, Azhari menyebutkan semaksimal mungkin, data pribadi seseorang tetap dijaga dengan sebaik- baiknya dan jika ada yang keberatan dapat melapor ke aparat hukum,”tegas Azhari.***(ber)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan