Nasional

Tinjau Ibu Kota, Presiden Jokowi Resmikan Tol Balsam di Kaltim

KALTIM (MR) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Kalimantan Timur sekitar pukul 7.30 WIB dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur,Selasa (17/12). Dalam kunjungannya Jokowi akan meninjau lokasi ibu kota negara baru.

Jokowi terlebih dahulu akan bertemu dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat setempat. Kemudian, dia akan menuju gerbang tol Samboja untuk meresmikan ruas tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) seksi Samboja-Samarinda.

Selanjutnya, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut akan meninjau lokasi ibu kota negara di kawasan konsesi hak pengusahaan hutan (HPH) PT ITCI, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Diketahui, turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur, yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelumnya, Jokowi menjelaskan akan meninjau beberapa titik klaster pemerintahan. Jokowi menyebutkan banyak klaster yang akan dibangun di ibu kota baru tersebut, namun yang pertama akan ditentukan lokasinya adalah klaster pemerintahan.

"Ini kan banyak klaster, ada pemerintahan, klaster kesehatan, klaster inovasi, yang pertama kali harus ditentukan adalah titik klaster pemerintahan," katanya.

Dia menyebutkan di klaster pemerintahan akan dibangun istana dan kantor kementerian.

Ketika ditanya seperti apa standar kantor pemerintahannya, Presiden mengatakan akan ditentukan setelah meninjau lokasi. "Ya nanti dilihat, kalau sudah ke sana melihat, feelingnya dapat, baru nanti arsitek, urban planner, semuanya kumpul," katanya.***

Sumber: Merdeka.com     |     Editor: Mirwan




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan