Nasional

Waspada Banjir saat Puncak Musim Hujan, Lakukan Langkah Ini!

MONITORRIAU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat waspada terhadap potensi banjir saat puncak musim penghujan yang diprediksi terjadi pada Januari hingga Maret 2020.

"Kewaspadaan menghadapi ancaman banjir ini perlu disiapkan sejak dini sepanjang musim hujan ini berlangsung," ujar Pelaksana Harian (Plh) Deputi Bidang Klimatologi BMKG Nasrullah kepada Okezone, Selasa (17/12/2019).

Nasrullah membeberkan langkah-langkah antisipasi yang perlu dilakukan menjelang puncak musim penghujan, di antaranya membersihkan lingkungan terutama drainase atau saluran air, agar tak terjadi penyumbatan saat hujan.

"Langkah-langkah antisipasi menghadapai periode musim hujan ini, terkait drainase lingkungan sekitar, kondisi DAS (Daerah Aliran Sungai) dibersihkan, disehatkan DAS-nya, dari segi aliran dan lingkunganya," ujarnya.

Ia juga meminta agar pemerintah daerah memperhatikan pohon-pohon tua yang berada di jalan umum. Sebab, pohon-pohon tua berpotensi tumbang ketika diterpa hujan deras disertai angin kencang.

"Karena pada periode musim hujan sering terjadi hujan lebat, angin kencang dan puting beliung dimana suatu saat bisa merobohkan pohon-pohon tersebut. Tetap berhati-hati di jalan pada saat hujan lebat terjadi bisa mengganggu jarak pandang, banyak genangan dan licinnya jalan raya," imbaunya.*** (okezone)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan