Nasional

Viral Kobra di Permukiman Warga, Seberapa Bahaya Bisanya?

MONITORRIAU.COM - Kemunculan ular di kobra di sejumlah wilayah di Pulau Jawa meresahkan masyarakat. Reptil berjenis vertebrata ini memang salah satu hewan berbisa yang mematikan. Satu gigitannya bisa memicu kematian.

Belakangan ini, ular kobra secara tiba-tiba muncul di pemukiman warga. Misalnya di daerah Gunung Kidul, Cibinong, Jember, Bogor, Citayam, Depok, Purwakarta, Subang, Jakarta, Makassar, Sukoharjo, Ngawi, Bekasi, dan Tangerang Selatan.

Kehadiran ular kobra ini juga telah menelan korban. Seorang Bocah berumur 8 tahun di Depok dilarikan ke rumah sakit setelah terkena gigitan anak ular kobra dan berhasil selamat.

Lalu, seberapa bahaya bisa ular kobra?

Menurut Peneliti Herpetologi (amfibi dan reptil) Fakultas Kehutanan IPB Mirza D Kusrini, ular kobra memiliki jenis bisa yang berbeda. Ada yang rendah, menengah, sampai tinggi sehingga dapat mematikan.

"Kalau bisa rendah paling ya bengkak sedikit. Bisa tinggi kalau tidak dapat penanganan tepat dan pasien sampai fase sistemik, ya dapat mematikan," ungkap Mirza kepada Okezone, Rabu (18/12/2019).

Mengingat adanya korban gigitan ular, Mirza menambahkan, jika ular berbisa tidak menggigit manusia, tidak akan membahayakan manusia.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan