Nasional

Peristiwa 4 Januari : Lahirnya Martha Christina Tiahahu hingga Myanmar Merdeka

MONITORRIAU.COM – Seorang pahlawan dari Indonesia bernama Martha Christina Tiahahu lahir pada 4 Januari 1800. Tak hanya itu, peristiwa penting dan bersejarah lainnya terjadi pada 4 Januari.

Okezone merangkum beberapa peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi dari tahun ke tahun pada 4 Januari, sebagaimana dihimpun dari Wikipedia, Jumat (4/1/2020), sebagai berikut :

1800 - Kelahiran Martha Christina Tiahahu

Martha Christina Tiahahu merupakan seorang gadis Desa Abubu di Pulau Nusalaut, Maluku, yang lahir pada 4 Januari 1800. Ia dikenal sebagai seorang gadis pemberani yang langsung terjun ke medan pertempuran melawan tentara kolonial Belanda dalam Perang Pattimura tahun 1817.

Hingga akhirnya, ia meninggal dunia pada usia 17 tahun di Laut Banda, Maluku. Sampai sekarang dia dinobatkan sebagai pahlawan nasional Indonesia dan dikenang lewat Monumen Martha Christina Tiahahu di Abubu, Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah.

1896 - Utah masuk sebagai negara bagian Amerika Serikat ke-45

Utah adalah sebuah negara bagian di barat Amerika Serikat, di wilayah pegunungan Rocky. Ibu kotanya adalah Salt Lake City. Negara bagian ini memiliki populasi 2.351.467.

Negara bagian ini kasar dan kering serta memiliki pemandangan alami yang spektakuler. Utah merupakan destinasi populer saat musim panas dan musim dingin. Salt Lake City, resort ski di Wasatch Range, dan taman nasional di selatan adalah tempat paling populer. Nama Utah berasal dari bahasa Ute Selatan dan berarti "tinggi di atas".

1946 - Presiden Indonesia Soekarno dan rombongan tiba di Yogyakarta

Rombongan Soekarno tiba dengan kereta api dalam rangka pemindahan ibu kota Republik Indonesia ke Yogyakarta dari Jakarta yang situasinya sudah tidak aman dan telah diduduki Belanda.

Presiden Soekarno memutuskan memindahkan ibu kota RI ke Yogyakarta atas izin Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Pakualam VIII. Maka pada 4 Januari 1946 dini hari, Bung Karno beserta rombongan menuju Yogyakarta menggunakan kereta api.

Hanya jalur-jalur keretalah yang masih relatif aman. Jalur yang dilalui yakni Pegangsaan Timur–Manggarai–Jatinegara–Bekasi–Cikampek–Cirebon–Purwokerto–Kroya–Kutoarjo–Yogyakarta.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan