Nasional

Stasiun Jakarta Kota, Peninggalan Berharga Belanda untuk Batavia

MONITORRIAU.COM - 8 Oktober 1929 lalu, Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Andries Cornelies Dirk de Graeff meresmikan sebuah stasiun yang sangat istimewa. Stasiun itu terletak di Batavia, yang kini dikenal sebagai Stasiun Jakarta Kota.

Jauh di tahun 1880-an stasiun ini dikenal dengan sebutan Batavia En Omstreken atau (Beos) yang artinya sendiri Batavia dan sekitarnya. Versi lain ada pula yang menyebut bahwa "Beos" mengacu dari kata Batavia BOS yakni Bataviasche Oosterspoorweg Maatschapij (Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur).

Stasiun ini merupakan karya besar dari Frans Ghijsels dari biro arsitektur Algemeen Ingenieur Architectenbureau (AIA) yang dikenal dengan ungkapan Het Indische Bouwen yang berarti perpaduan antara struktur dan teknik moderen barat dipadu dengan bentuk tradisional dengan balutan art deco. Yang mana arsitektur paling umum diawal abad ke-20.

Jika diperhatikan denah stasiun ini berbentuk huruf T. Dimana pintu-pintu terletak disisi kepala huruf T tersebut. Dengan bentuk lebar dan berfasade rendah berbentuk busur. Tak hanya itu atap gedung juga dibentuk seperti busur sehingga mengesankan kemegahan stasiun.

Adapun dari segi bangunan dalam stasiun ini terdapat dua lantai. Dimana lantai dua stasiun diperuntukan untuk kantor dan lantai bawah tanah tempat perbelanjaan, gerai makanan dan minuman serta pos penjagaan.

Meski masih menjaga keasliannya. Ternyata stasiun ini sudah pernah dilakukan pemugaran alias renovasi. Hal itu untuk memasrikan agar bangunan tetap terjaga dengan baik. Tapi keaslian bangunannya tetap dipertahankan. Termasuk jam tua. “Secara keseluruhan asli," kata Sugi Hartanto, yang saat itu menjabat sebagai Kepala Stasiun Jakarta Kota.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan