Nasional

Peristiwa 5 Januari: Alat Rontgen Ditemukan dan Berdirinya PPP

Ilustrasi

MONITORRIAU.COM - Berbagai macam peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada tanggal 5 Januari. Oleh karena itu, Okezone.com coba merangkum beberapa peristiwa yang terjadi pada hari ini, yaitu sebagai berikut;

1. Alat Rontgen Ditemukan

Wilhelm Conrad Rontgen, seorang ahli fisika asal Jerman menemukan radiasi sinar X pada 5 Januari 1896 yang kemudian dikenal sebagai radiasi Rontgen dengan menggunakan namanya.

Pada gambar pertama radiasi sinar X, Rontgen mengambil fotografi sinar X dari bagian dalam objek logam dan tulang tangan istrinya.

2. Uni Soviet Akui pemerintahan baru Polandia yang Pro-Soviet

Pada 5 Januari 1945, Uni Soviet mengakui pemerintahan baru Polandia yang pro terhadap negaranya. Saat itu, Uni Soviet merupakan negara yang memiliki pengaruh besar di dunia. Sedangkan, Polandia merupakan negara republik di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Rusia di sebelah selatan.

3. Albert Manoempak Sipahoetar Meninggal

Salah satu jurnalis Indonesia sekaligus tokoh pendiri Kantor Berita Antara Albert Manoempak Sipahoetar meninggal dunia pada 5 Januari 1948. Pria kelahhiran Tarutung, Tapanuli Utara tersebut meningga; dunia di usia 33 tahun.

4. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Didirikan

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) didirikan tepat pada 5 Januari 1973. Partai ini merupakan hasil gabungan dari empat partai keagamaan yaitu Partai Nahdlatul Ulama (NU), Partai Serikat Islam Indonesia (PSII), Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) dan Parmusi.

Saat ini, PPP dibawah kepemimpinan Suharso Monoarfa sebagai pelaksana ketua umum karena Muhammad Romahurmuziy atau Romi yang sedang tersandung kasus korupsi.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan