Riau

BBKSDA Riau Turunkan Tim Cek Jejak Harimau yang Viral di Area PT Darmali, Ternyata...

PEKANBARU (MR) - Beberapa hari lalu video terkait penemuan diduga jejak Harimau Sumatera kembali viral di media sosial. Jejak Si Belang ditemukan di area PT Darmali, kilometer 10 Desa Air Kulim, Kelurahan Balai Makam, Kecamatan Batin Salopan, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Humas BBKSDA Riau, Dian Indriani, mengatakan, penemuan seperti jejak harimau itu juga dilaporkan Intel Polsek Mandau ke BBKSDA. Untuk memastikan itu benar jejak harimau, tim diturunkan ke lokasi pada Rabu (8/1/2020).

"Tim beranggotakan 4 orang, bergerak mencari langsung kebenaran informasi ke pihak PT Darmali. Koordinasi dan pengecekan juga dilakukan bersama Danru Security PT Darmali, Bapak Jumari," ujar Dian, Kamis (9/1/2020).

Dari haril pengecekan tidak ada ditemukan tanda-tanda keberadaan Harimau Sumatra di areal PT Darmali. Pihak perusahaan menyebut tidak mengetahui adanya video viral tentang harimau di daerah mereka.

Tim memang menemukan sejumlah jejak hewan menyerupai jejak harimau. Setelah dipastikan, ternyata itu adalah jejak Tapir yang memang selalu terlihat mondar mandir di sekitaran PT Darmali.

Tim, kata Dian, langsung melakukan sosialisasi dengan pihak PT Darmali dan masyarakat sekitar agar tetap tenang dan jangan khawatir. "Karena jejak itu bukanlah jejak Harimau Sumatera," kata Dian.

Dian menjelaskan, jejak Harimau Sumatera dan jejak Tapir memang hampir sama. Bahkan jejak Harimau Sumatera dan jejak Anjing benar-benar serupa tapi tak sama.

"Kalau dilihat secara seksama bisa dibedakan. Seperti jejak Harimau Sumatera dan jejak Anjing, benar-benar nyaris sama hanya di ujung jejak Anjing ada yang meruncing dan ukurannya biasanya lebih kecil," jelas Dian.

Sebelumnya, video terkait penemuan jejak harimau di areal PT Darmali viral. Dalam video berdurasi 3 menit 23 detik itu, si perekam Hendrik menjelaskan bahwa harimau tersebut baru saja melintas areal tersebut.

Pemerintah desa setempat juga mendapatkan laporan warga atas penemuan jejak kaki diduga Harimau berukuran besar itu. "Lokasinya berada di PT Darmali di Blok F-16 dan F17," kata Sekretaris Desa Air Kulim, Munawar Rosidi SE.
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan