Riau

RSUD Selasih Siapkan Ruang Isolasi Rujukan untuk Pasien Terdampak Virus Corona

PANGKALAN KERINCI (MR) - Mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau gejala pneumonia  berat dengan etiologi tidak jelas berupa demam, batuk dan sesak nafas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih akan menyiapkan satu buah ruangan untuk menjadi ruang isolasi rujukan pasien ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Pekanbaru, Riau.

Demikian disampaikan Direktur RSUD Selasih Dr Chairul Hamdi di Pangkalan Kerinci, Rabu (29/1/2020).

Kembali dijelaskannya lagi, ruang isolasi yang dipakai tersebut merupakan ruang observasi yang berada di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Satu dua hari kedepan ruangan itu akan kita jadikan ruang isolasi dengan fasilitas lengkap," ujarnya.

Tidak hanya ruangan isolasi, pihak RSUD Selasih juga membuat tim medis untuk kesiagaan darurat bencana yang akan standby 24 jam. Disamping itu disiapkan juga ambulance khusus bagi pasien terdampak Virus Corona yang akan dirujuk ke RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru, Riau.

"Diruang isolasi akan ada tim medis berupa dokter spesialis paru-paru, dokter anak, bedah dan  radiologi juga medis laboratorium," ucap dia.

Masih kata Dr Chairul, untuk penanganan Warga Riau yang terdampak Virus Corona akan dipusatkan pada satu pintu yakni RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru.

"Kita hanya mengdiagnosis dan memeriksa riwayat perjalanannya. Apabila pasien baru pulang dari negara epidemi Virus Corona seperti Hongkong dan Tiongkok, kita akan lakukan isolasi untuk segera dirujuk ke Pekanbaru guna pemeriksan lanjutan," terang Direktur yang baru beberapa hari menjabat ini.

Mengenai apakah sudah ada riwayat warga yang terdampak gejala Virus Corona, Dr Chairul menyebutkan belum ada menerima pasien dengan gejala tersebut.

"Belum ada hingga saat ini. Namun begitupun kita tetap siaga sesuai arahan Bupati Harris," katanya mengakhiri. (ton)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan