Infotorial Pemko Dumai

Walikota Dumai Hadiri Rakor BNPB 2020

BOGOR (MR) – Walikota Dumai Zulkifli AS menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2020 yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tanggal 3 & 4 Februari 2020, dengan tema Penanggulangan Bencana Urusan Bersama.

Rakornas penanggulangan bencana ini dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Sentul Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan, ancaman bencana meningkat di dunia akibat dari perubahan iklim global. Untuk itu kita perlu bersiap, terutama bencana kebakaran di lahan gambut harus ada penanggulangan cepat, khususnya di Provinsi Aceh dan Riau yang sudah ada titik api.

“Pengelolaan lahan yang tepat bisa mencegah bencana banjir dan longsor dengan tanaman yang berakar kuat. Harus ada solusi penanggulangan bencana dengan pencegahan berupa manajemen bencana, baik pemerintah pusat dan daerah, baik penanganan dan pasca bencana. Pembangunan infrastruktur penting, tapi harus dibarengi dengan penjagaan ekologi”, tegas Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Presiden Republik Indonesia ke-7 memerintahkan kepada seluruh peserta rakornas agar bersinergi terhadap pencegahan untuk meningkatkan kesiapsiagaan Pemerintah Pusat maupun Daerah dan Tata ruang berbasis resiko bencana.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, agar disusun rencana dan persiapan sarana penanggulangan bencana, Pendekatan unsur pemerintah, akademisi, masyarakat, dunia usaha, media massa, dan kepemimpinan SDM dalam urusan bencana yang siap, sigap dan anggaran yang mendukung. Terakhir,

“TNI Polri agar terus mendukung pencegahan dan penanggulangan serta sinergi bersama Pemerintah Daerah,” ucap Presiden. (Infotorial Pemko Dumai)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan