Eksekusi Berakhir Bentrok

Nurul Huda: DLHK dan PT NWR Harus Bertanggungjawab

Pakar Hukum Pidana M Nurul Huda SH, MH

PANGKALAN KERINCI (MR) - Eksekusi lahan plasma milik Masyarakat yang tergabung di Koperasi Gondai Bersatu dan Koperasi Sri Gumala Sakti yang terletak di Blok 209 dan Blok 188 Desa Pangkalan Gondai, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau, berakhir bentrok. Masyarakat berusaha mempertahankan dan menghalangi upaya eksekuasi lahan seluas 8 hektar oleh pihak DLHK Riau.

Sebaliknya, polisi dan sekurity PT Nusa Wana Raya (NWR) yang mengawal eksekusi lahan bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau berusaha tetap menggusur dan meratakan pohon sawit dengan menggunakan alat berat jenis excavator.

Dari pantauan media ini dilokasi bentrok, Selasa (4/2) Sore, terlihat lahan inti yang berisi pohon sawit milik PT Peputra Supra Jaya (PSJ) setelah diratakan dengan tanah memaki alat berat jenis excavator langsung memasuki lahan kebun plasma milik masyarakat.

Tidak terima lahannya di gusur membuat seribuan masyarakat melakukan perlawanan. Bentrok antara warga dan pihak kepolisian serta sekurity tak terhindarkan.

"Akibatnya lima warga terluka karena tembakan gas air mata dan pukulan serta lemparan batu," ujar Ketua Koperasi Gondai Bersatu M. Setiawan di lokasi bentrok, Sskasa (4/2) Sore.

Menyikapi bentrok yang terjadi di lokasi lahan eksekusi, Dr. M.Nurul Huda SH, MH mengatakan DLHK Riau dan PT. NWR harus bertanggungjawab.

"Tidak boleh ada warga yang terluka. Lakukanlah eksekusi itu dengan rasa kemanusiaan dan edukasi yang benar, " ujarnya.

Ditambahkannya lagi, alangkah baiknya bila Lawyer masing-masing pihak juga bisa membantu aparat untuk menjelaskan ke masyarkat agar tidak menempuh cara-cara yang akan menimbulkan konflik fisik.

"Tempuhlah upaya hukum, semua kan ada mekanisme hukumnya. Mari kita edukasi rakyat untuk sadar hukum," katanya mengakhiri. (Rilis/ton)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan