Riau

Peringatan HAKI di Riau, KPK Bakal Lelang Barang Gratifikasi

Ilustrasi, net

PEKANBARU (MR) - Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) bakal melelang barang hasil gratifikasi, pada acara puncak peringatan Hari Anti Korupsi Indonesia (HAKI) yang digelar di Pekanbaru pada 9 Desember mendatang. 

Lelang Barang bekas gratifikasi tersebut KPK bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Tapi seperti apa konsep dan apa saja yang dilelang, tidak dirincikan denga jelasnya. 

"Lelang gratifikasi diantaranya, nanti yang melelang ada DJKN," kata salah satu Tim KPK, Anto Ikajadi pada acara rapat evaluasi persiapan HAKI di Kantor Gubernur Riau, Rabu (16/11/16). 

Selain lelang gratifikasi, ada juga pameran budaya integritas, pameran tentang pendidikan dari level PAUD sampai mahasiswa. Tujuan dari beberapa pameran itu untuk menampilkan kepada masyarakat terkait gratifikasi dan korupsi yang dilarang karena telah merusak negara ini. 

Kemudian ada juga, pameran budaya integritas yang diharapkan akan memberikan kesadaran terutama dikalangan aparatur pemerintahan termasuk kepolisian serta TNI. 

"Tujuannya dari pameran buday integritas supaya bisa tahu dapat merasakan birokrasi itu tidak aneh-aneh, apa-apa uang. Kemudian ada juga pameran produk nasional. Kita selama ini tahunya produk luar. Pada hal Kementerian Perikanan juga mengeluarkan produk mereka," ujarnya. 

Untuk pelaksanaannya sendiri, pada acara HAKI nanti, untuk kegiatannya tidak dibiayai KPK mau pun Pemprov Riau sebagai tuan rumah. Sebaliknya, beberapa rangkaian acara diambil dari berbagai dan partisipasi baik dari perusahaan berplat merah, swasta mau pun lembaga atau komunitas. 

Namun menurut Anto, bantuan yang diberikan tidak berupa uang, melainkan berupa barang seperti baju kaos, spanduk atau pun kebutuhan yang diperlukan pada acara tersebut.*** (rtc)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan