Riau

Pimpinan APSI Riau terbentuk, Syamsuar Terpilih Secara Aklamasi

PANGKALAN KERINCI (MR) - Musyawarah Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Provinsi Riau, yang diadakan di Auditorium Lantai III Kantor Bupati Kabupaten Pelalawan, Kamis (20/2/2020) akhirnya memiliki nahkoda baru.

Dalam musyawarah yang berlangsung secara terbuka, aman dan tertib, peserta secara aklamasi memilih Syamsuar MPd sebagai Ketua APSI Provinsi  Riau periode 2020 - 2025.

Acara di buka dengan resmi oleh Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan Atmonadi, dihadiri Pengurus APSI 12 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau. Juga ada mantan Ketua APSI Provinsi Riau Ramli MPd.

Cara pemilihan adalah, harus mendapat dukungan minimal 3 Kabupaten/Kota, baru bisa maju sebagai calon ketua. Kemudian tidak dalam masa pensiun. Setiap Kabupaten/Kota mengutus 7 pengurus yang masing-masingnya memiliki hak suara penuh bersama dengan seluruh pengurus Provinsi Riau.

"Pemenangnya memiliki suara terbanyak yang akan membentuk kepengurusan bersama dengan formatur," ujar Mantan Ketua APSI Riau M Ramli.

Dijelaskannya lagi, hak suara berjumlah 84 peserta asal Kabupaten/Kota ditambah dengan 10 peserta Anggota pengurus Provinsi Riau.

"Paserta akhirnya secara aklamasi memilih Syamsuar asal APSI Kabupaten Kampar sebagai pimpinan baru," ucapnya.

Usai terpilih sebagai Pimpinan APSI, Syamsuar yang didaulat untuk memberikan sambutan mengucapkan terimakasih atas dukungan serta kepercayaan yang telah diberikan kepada dirinya.

"Saya tetap butuh kritikan. Setiap keritikan akan membuat saya kuat dan semua itu untuk kemajuan APSI," ujarnya.

Dikesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan, M Zalal mengatakan, Pelalawan itu memiliki program pendidikan yang bernama Pelalawan Cerdas.

"Bupati ingin dunia pendidikan dapat menjadikan kabupaten ini lebih cepat maju Kita sepakat untuk dunia pendidikan lebih hebat ke depannya," katanya lagi.

Ketua APSI Kabupaten Pelalawan Edi Pujianto kepada awak media menyampaikan Pengawas yang tergabung di APSI Pelalawan berjumlah 43 orang. 

"Dalam musyawarah kali ini tidak ada mengajukan calon namun tetap akan mendukung pengurus terpilih demi memajukan APSI. Untuk kami berharap pengurus terpilih lebih profesional menjalankan setiap program. Dapat meningkatkan kompetensi pengawas melalui pelatihan. Membimbing dan melatih itu yang diharapkan seluruh pengawas," jelasnya.

Masih kata Edi lagi, para pengurus dapat mengangkat harkat dan martabat pengawas sehingga bisa cukup dihargai ditengah masyarakat.

"Semua ini tentunya butuh dukungan dari seluruh pihak termasuk salah satunya Pemerintah dengan meningkatkan anggaran sertifikasi bagi pengawas," kata Edi Pujianto mengakhiri.

"Bagaimana Pemda dapat membantu pengawas, membimbing membina melatih, menilai kinerja para guru. Kami menginginkan APSI Pelalawan terdiri dari Pengawas TK, SD dan SMP sebanyak 43 orang, SMA 5 orang dan untuk Kemenag 4 orang, ujarnya sembari menutup musyawarah APSI Riau," tambahnya.

Ketua APSI Pelalawan periode 2018-2023, Edi Fijianto MPd berharap pengurus terpilih lebih profesional menjalankan program program pengawas, membimbing membina melatih, menilai kinerja para guru.

"Tak cuma itu, pengurus baru harus mampu mengangkat harkat pengawas lebih baik,  memperoleh sertifikasi pengawas bisa  membedakan pendapatan guru dan kepala sekolah," ujarnya. (ton)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan