Riau

Seluruh SMP/MTs di Kabupaten Pelalawan Siap Laksanakan UNBK Tahun Ajaran 2019/2020

PANGKALAN KERINCI (MR) - Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan telah siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun ajaran 2019/2020.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pelalawan, Riau, M Zalal didampingi Kasie Kurikulum Kesiswaan dan Kelembagaan SMP Bidang Pembinaan SMP Nasiki di Pangkalan Kerimci, Kamis (12/3/2020).

Menurutnya, dari 95 SMP/Mts yang melaksanakan UNBK tersebut, dengan rincian SMP Negeri dan Swasta sebanyak 71 sekolah sedangkan Mts Negeri dan juga Swasta 24 sekolah.

"Tahun lalu kita hanya memiliki 8 SMP Negeri dan Swasta serta 24 Mts Negeri dan Swasta yang melaksanakan UNBK. Jadi pada tahun ini ada kenaikan yang cukup tinggi," ujarnya.

Untuk jumlah siswa pengikut UNBK, menurut Zalal berjumlah 6192 siswa yang terdiri dari SMP dan Mts baik Negeri mauoun Swasta.

 "Untuk 71 SMP sebanyak 5060 siswa. Sedangkan 24 sekolah Mts berjumlah 1132 siswa," jelasnya.

Ditambahkannya lagi, sekolah  yang  menumpang ke SMA/SMK, baik SMP maupun Mts untuk melaksanakan UNBK berjumlah 39 sekolah. 

"Jadi sekolah yang mandiri yakni memiliki laptop sendiri atau milik orang tua/wali murid untuk melaksanakan UNBK berjumlah 39 sekolah," ungkapnya.

Masih kata Ia lagi, pelaksanaan UNBK di Kabupaten Pelalawan akan dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 23 April 2020.

"UNBK hanya dilaksanakan selama 4 hari dengan mata pelajaran yang diujikan berupa Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika dan mata pelajaran IPA," terangnya.

Terkait dengan persiapan sekolah maupun Disdik Kabupaten Pelalawan, Zalal menyampaikan persiapan semua sudah siap, tinggal menunggu pelaksanaannya saja. 

"Kita sudah laksanakan gladi bersih terkait UNBK disetiap sekolah. Hanya tinggal melakukan MoU dengan Telkomsel dan PLN agar pada saat UNBK dilaksanakan tidak terjadi hambatan, seperti server yang lelet maupun listrik mati," kata Zalal mengakhiri. (ton)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan