Riau

Sempena Harkannas, Bupati Berharap Tingkat Konsumsi Ikan Meningkat

Monitorriau.com Humas Bengkalis - Beberapa program telah dan akan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk mendukung terwujudnya ketahanan pangan dari sumber protein yang berasal dari ikan.

“Program tersebut terkait dengan peningkatan produksi, khususnya budidaya, penangkapan ikan dengan memperhatikan kelestarian sumber daya, pengolahan dan pemasaran, penelitian dan pengembangan teknologi perikanan, serta pengembangan sumber daya manusia kelautan dan perikanan,” ujar Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Ungkapan ini disampaikannya, saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-3 tingkat Kabupaten Bengkalis, di Pantai Pesona Selatbaru, tepatnya di samping pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja, Minggu (27/11/2016) pagi.

Dijelaskan Amril, melihat peran komoditas ikan saat ini yang masih menjadi sumber protein utama masyarakat, maka kedepan ikan tetap akan mampu memainkan perannya secara signifikan dalam mendukung ketahanan maupun kemandirian dan kedaulatan pangan, khususnya ketahanan protein.

“Untuk itu, kami berharap seluruh komponen masyarakat dan mencakup semua dimensi, kiranya mampu menggerakkan sektor bisnis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan melibatkan seluruh strata sosial. Pada akhirnya diharapkan kita mampu mengembalikan kejayaan bahari Indonesia melalui pemberdayaan budaya lokal,” sebut Amril Mukminin.

Sempena peringatan Harkannas ini, pemerintah daerah juga menggelar berbagai perlombaan. Diantaranya, lomba kreasi bekal anak sekolah, bakar ikan, pameran hasil olahan perikanan, mendongeng anak untuk sekolah dan lain-lain.

Dalam pembukaan peringatan tersebut, terlihat hadir Dandim 0303 Bengkalis, Letkol Inf Rizal Faizal Helmi, Waka Polres Bengkalis Kompol Dhana Ananda Saputra, Plt Sekda Bengkalis, H Arianto, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Amril Fakhri, Camat Bantan Syamsul Bahari  dan sejumlah tamu undangan lainnya.*** (HA)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan