Nasional

Dirjen PHU: Persiapan Haji Jalan Terus, yang Ditunda Pembayaran Uang Muka

JAKARTA  (MR)- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar Ali menegaskan bahwa pihaknya akan terus merampungkan persiapan ibadah haji untuk para calon jamaah haji Indonesia.

Nizar menjelaskan bahwa surat yang disampaikan Kerajaan Arab Saudi ke pemerintah bukan meminta untuk menunda pelaksanaan ibadah haji.

Namun, lanjut dia, Kerjaan Arab Saudi meminta pemerintah untuk menunda pembayaran uang muka pelaksanaan ibadah haji 1441 H karena Arab Saudi tengah melakukan kebijakan lockdown untuk mencegah wabah virus corona atau Covid-19.

“Itu proses penyiapan haji terus berjalan. Tetapi surat itu hanya meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk menunda dulu pembayaran kontrak-kontrak uang muka, pembayaran kontrak jangan dilakukan dulu menunggu sampai beberapa waktu ke depan ini steril, karena kan kondisnya sekarang kan Arab Saudi sedang di-lockdown, ditutup,” tegas Nizar saat dihubungi Okezone, Kamis (19/3/2020).

Nizar menjelaskan bahwa saat ini semua aktivitas di Arab Saudi tengah dibatasi, termasuk dengan pemerintahannya.

"Maka mengikuti kegiatan itu maka Pemerintah Arab Saudi menunda kegiatan aktivitas yang terkait dengan pelaksanaan kontrak-kontrak itu," imbuhnya.

Menurut Nizar, Arab Saudi meminta pembayaran uang muka ibadah haji 1441 H sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Karena Arab Saudi itu ditutup semua. Tapi persiapan haji kita akan terus jalan. Sehingga pada waktunya nanti kita tidak ada masalah,” ujar Nizar seraya menambahkan bahwa bukan hajinya ditunda tapi pembayaran uang muka kontrak di sana. Jadi pembayaran uang muka ditunda karena kondisi Arab Saudi yang masih lockdown belum dibuka.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan