Riau

Jumlah ODP Meningkat, Positif Corona Masih Nihil di Rohul

Ilustrasi, Net

ROHUL (MR) - Sampai 26 Maret 2020, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, terjadi peningkatan menjadi 427 orang.

Menyikapi hal itu, pemerintah Kabupaten Rokan Hulu terus meningkatkan Pengawasan terhadap warganya yang baru kembali dari luar daerah, khususnya daerah-daerah yang sudah terdapat Kasus wabah virus Corona (Covid 19). 

Hal ini sebagai bentuk kesiapsiagaan dan cegah dini potensi mewabahnya Corona Virus (Covid 19) di Kabupaten Rokan Hulu.

Seluruh perangkat pemerintahan mulai dari camat, kepala desa, lurah, kepala dusun, kepala lingkungan, kepala dusun, RT dan RW dikerahkan untuk melakukan pendataan terhadap warga yang baru kembali dari luar daerah khususnya di daerah yang terdapat kasus Covid-19.

“Saat ini ODP di Rohul mencapai 427 orang, namun dipastikan belum ada warga yang dinyatakan positif mengidap Covid-19. Hanya saja ada 1 warga yang masuk dalam dalam Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” terang Yusmar yang juga Juru Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten di Rohul, Kamis (26/3/2020). 

Dijelaskan Yusmar, dari data yang diperoleh, jumlah ODP yang terbanyak ditemukan di Kecamatan Tambusai Utara, 84 orang, Kecamatan Rambah 42, Kecamatan Rambah Samo 45, Kecamatan Rambah Hilir 26, Kecamatan Tambusai Utara 84, Kecamatan Tambusai 24, Kecamatan Kepenuhan 11, Kecamatan Ujung Batu 20,  Kecamatan Kunto Darussalam 24, Kecamatan Bonai Darusaalam 8, Kecamatan Tandun 23, Kecamatan Kabun 49,  Kecamatan Rokan IV Koto 27,  Kecamatan Pendalian IV Koto 2 Pagaran Tapah Darussalam 1, Kecamatan Kepenuhan Hulu 12 orang dan Kecamatan Bangun Purba sebanyak 29 orang.

“Dengan maksimalnya pengawasan terhadap warga yang baru kembali dari luar daerah diharapkan dapat memutus rantai penularan, jika seandainya ada diantara warga yang baru datang tersebut terjangkit wabah Covid-19,” terang Yusmar.

Yusmar mengimbau warga yang masuk dalam daftar ODP tidak perlu cemas, namun harus tetap melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 Hari. 

"Warga yang masuk ODP, setiap hari akan dilakukan pemeriksaan medis dari tim Dinas Kesehatan untuk memastikan tidak terinfeksi virus Corona,"jelasnya. (ber)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan