Riau

Setelah Dilakukan Pelacakan, 22 Orang Pernah Kontak Langsung dengan Pasien Positif Corona di Rohul

ROHUL (MR) - Usai melakukan pelacakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, Riau, telah menetapkan 22 orang berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP). Ke 22 orang tersebut diduga pernah kontak langsung dengan pasien positif corona,  inisial AS (56), warga Kecamatan Rambah.

"Ada sekitar 22 orang yang diduga pernah kontak langsung dengan pasien, termasuk keluarganya. Setelah ODP, sebanyak 22 orang tersebut wajib menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, "jelas Bambang, Sabtu (4/4/2020).

Selain melakukan pelacakan, petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu dan Gugus Tugas penanganan Covid 19 Kecamatan Rambah, juga melakukan sterilisasi di dalam dan sekitar rumah pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Penyemprotan disinfektan itu, langsung didampingi Kepala Dinas Kesehatan Rohul dr Bambang Triono, Camat Rambah Arie Gunadi, Kapolsek Rambah IPTU Simatupang dan Kepala Desa dan tokoh masyarakat setempat.

Selain ke rumah pasien, penyemprotan disinfektan juga dilakukan ke rumah warga sekitar yang juga sering berinteraksi dengan pasien dan keluarga pasien.

Bahkan, salah satu Bank yang berdekatan dengan kediaman pasien positif corna itu juga dilakukan penyemprotan. 

"Penyemprotan ini merupakan salah satu cara agar virus tersebut tidak tidak menyebar luas, dan menjangkiti warga sekitar," ujar Camat Rambah Ari Gunadi S.Stp.

Ari Gunadi mengimbau, agar warga tidak panik menyikapi adanya warga di Kecamatan Rambah yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19. Warga diminta lebih waspada dan lebih disiplin lagi dalam menjalankan anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Mari kita laksanakan anjuran pemerintah itu dengan disiplin demi keselamatan kita bersama. Tetaplah berada di rumah, hindari tempat keramaian, terapkan pola hidup bersih dan sehat," imbau Camat.

Ditambahkan Camat, seluruh warga yang berada di sekitar rumah pasien positif untuk tidak memberikan stigma negatif kepada mereka. Warga diharapkan memberikan dukungan dengan memberikan bantuan terutama dukungan moril bagi pasien dan keluarganya. (Ber) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan