Pendidikan

Pro-Kontra Kuliah Online, Ini Komentar Ketua Lembaga Penjamin Mutu STIE-Tuah Negeri Dumai

DUMAI (MR) - Kuliah online akibat dari pandemi corona menyebabkan banyak mahasiswa kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. 

Tak ubahnya seperti kota-kota lain di Indonesia, Kota Dumai juga disemarakkan dengan berbagai keluhan mahasiswa. 

Kicauan di media sosial seakan menjadi perwakilan suara hati mahasiswa selama masa perkuliahan online.

Tidak dipungkiri bahwa kuliah online juga memiliki keunggulan. Mulai dari aspek efesiensi waktu dan biaya, dapat dilakukan kapan dan di manapun serta mempermudah proses pembelajaran di saat musim pandemi ini.

“Dengan kuliah online, pandemi bukanlah suatu penghalang untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Mahasiswa dan dosen selalu dapat terhubung satu dengan yang lain melalui koneksi internet," Jelas Lis Hafrida selaku Ketua Lembaga Penjamin Mutu STIE – Tuah Negeri Dumai.

Menurutnya kuliah online dapat dirancang sedemikian rupa melalui berbagai aplikasi seperti zoom, google classroom, edmodo, dan lainnya. 

Ia juga menjelaskan beberapa trik jitu dalam menyampaikan materi secara online, yaitu dengan men-share materi perkuliahan berupa slide yang disertai dengan permintaan tanggapan dari mahasiswa. Dengan cara ini mahasiswa terdorong mencari sendiri penjelasan terhadap materi yang diberikan.

“Tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan dapat dilihat dari jawaban-jawaban yang dikirim, ” ungkapnya. 

Ia juga menambahkan metode class meeting via aplikasi zoom untuk materi yang berhubungan dengan hitung-menghitung dan dilanjutkan dengan pemaparan materi melalui edmodo.

Untuk mengantisipasi miss comunication dalam penyampaian materi, ia selalu menyediakan wadah bertanya dengan fasilitas fast respon, sehingga mahasiswa tidak salah menafsirkan materi yang disampaikan.

“Saya berharap mahasiswa tetap aktif berkomunikasi dengan dosen, sehingga kendala yang dihadapi, hal-hal yang kurang dipahami atau pertanyaan-pertanyaan yang muncul dapat direspon oleh dosen-dosen yang melakukan perkuliahan secara online, ” pungkas Lis Hafrida. ***

Penulis: Ayu Andini
Lembaga Pendidikan Wartawan
PJC Dumai Angkatan II




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan