Riau

Diduga, SPBU di Sungai Sembilan Jual BBM Pakai Jerigen dan Tanki Rakitan

DUMAI (MR) - Salah satu SPBU di Kecamatan Sungai Sembilan Dumai, Diduga melakukan penjualan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi memakai jerigen dan tanki rakitan.

Kamis 23 April 2020, sekira pukul 14:20 WIB awak media mendapat informasi bahwa SPBU di daerah tersebut menjual minyak ke konsumen dengan cara melansir dengan motor atau mobil yang dengan tangki yang sudah dimodifikasi.

Awak media langsung mendatangi pihak pembeli BBM yang biasa disebut along-along.  Saat ditanya mereka mengakui bahwa BBM yang mereka  beli seperti jenis premium bersubsidi dan solar.

"Kami mengisi minyak jerigen dan tengki di mobil ini kami buat sendiri, harga BBM yang kami beli sesuai harga subsidi,” ujar along-along tersebut.

Saat di telusuri lebih jauh ternyata motor yang bertangki rombakan tersebut melansir minyak dengan jarak bersebelahan dari SPBU.

Di tempat tersebut awak media menemukan puluhan jerigen yang sudah tersusun dan motor yang sudah di modifikasi tangkinya untuk melansir minyak dari SPBU ke jerigen.

Dari along-along tersebut terungkap bahwa setiap membeli satu jerigen, along-along tersebut membayar uang  Rp. 10.000 ke anggota SPBU tersebut sebagai uang jasa tambahan.

Ketika awak media coba mengkonfirmasi hal tersebut pada pihak pengolala SPBU, namun pimpinannya tidak berada di tempat. Karyawan yang ada disana juga bungkam dan tak berkomentar.

Jika terbukti benar, hal ini tentunya melanggar Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014 dan Undang Undang (UU) Migas Nomor 22 Tahun 2001 Pasal 55.

Dalam pasal 55 disebutkan: Setiap orang yang menyalahgunakan Pengangkutan dan/atau Niaga Bahan Bakar Minyak yang disubsidi Pemerintah dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling tinggi Rp60.000.000.000 (enam puluh miliar rupiah). (Herman)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan