Riau

Penanganan Covid-19 Perlu Anggaran Besar, Wahyu: Ayo Awasi Bersama

Wahyu Ari Septian

DUMAI (MR) - Penanggulangan dalam mengantisipasi penyebaran Corona Virus di Kota Dumai tidak mungkin hanya bermodalkan semangat, namun juga membutuhkan anggaran yang besar. 

Demikian disampaikan Wahyu Ari Septian Selaku Ketua Umum Rumpun Pemuda Dumai (RPD), Selasa (28/04/2020). 

Wahyu melanjutkan, Pemerintah Kota Dumai telah mensiasati kondisi ini dan telah mengalokasikan dana sebesar 100M,

Dana tersebut didapat dari rasionalisasi anggaran disetiap OPD lingkungan pemerintah kota Dumai.

"Persoalan yang akan muncul di ruang pembicaraan publik ialah, apa anggaran tersebut cukup dan dijamin tepat sasaran?," Tanya Wahyu. 

Pandemi covid-19 ini telah membuat dampak yang begitu besar. Mulai dari segi sosial kehidupan layaknya bernegara hingga ekonomi rakyat yang kian tergerus.

"Bila perlu gelontorkan anggaran sebanyak mungkin hingga tercukupi untuk penanggulangan penyebaran covid-19 ini agar tim medis dapat bekerja dengan optimal dan tidak ada lagi alasan kebutuhan medis tidak tercukupi," ungkapnya. 

Lalu kata Wahyu perlu diwaspadai semua kebijakan pemerintah tersebut. Karena tentu akan ada saja oknum-oknum yang tergoda untuk "merampok" bila keran anggaran ini telah dibuka.

"Kita juga perlu meminta kepada pihak yang berwenang seperti Polres Kota Dumai, Kejaksaan Negeri Kota Dumai,Terutama kepada teman-teman mahasiwa kota Dumai Harus ikut Adil dalam Hal ini dan pihak lainnya juga  untuk ikut mengawal anggaran ini sebagai langkah pencegahan agar tidak terjadi penyelewengan atau penyalah gunaan,"ujar Wahyu lagi. 

Pada dasarnya masyarakat berharap bantuan dari pemerintah baik itu berupa uang tunai maupun bahan pokok makanan. Namun jangan dilakukan "potong atas" oleh pihak yang bertanggung jawab untuk menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat. Sebab dalam kondisi seperti ini rakyat amat membutuhkan bantuan pemerintah karena mereka harus dirumahkan sehingga tidak bisa mencari nafkah untuk keluarganya. 

Diharapkan seluruh pihak yang bertanggung jawab atas penyaluran anggaran ini memiliki rasa manusiawi dalam dirinya sehingga akan berlaku jujur dan adil dalam melaksanakan tugas.

"Serta kita meminta transparansi atas anggaran yang telah di tetapkan oleh pemerintah kota Dumai. Agar seluruh masyarakat bisa melihat kemana perginya uang rakyat tersebut serta bisa dikontrol kapanpun dan di manapun," pungkasnya. 

Penulis: Roni Iriandani, (Lembaga Pendidikan Wartawan PJC Dumai, Angkatan II) 

 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan