Riau

Sebagian Desa di Pelalawan Belum Salurkan Dana Desa Tanggap Covid-19

PANGKALAN KERINCI (MR) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pelalawan, Riau, Zamur Das menyebutkan, ada kendala pada sebagian desa yang belum menyalurkan dana desa tanggap Covid19.

Demikian disampaikannya pada media ini usai coffe morning yang dilakukan pemerintah Kabupaten Pelalawan sesudah libur lebaran idul Fitri 1441 H di Pangkalan Kerinci, Selasa (26/5/2020).

Dijelaskannya kendala bagi desa yang belum mencairkan BLT hingga saat karena kebijakan tersebut keluar pada bulan April, sementara anggaran dana desa tahap pertama sudah masuk ke rekening desa pada bulan Maret, sehingga dana desa tersebut sudah sempat dipergunakan untuk program yang telah disusun.

"Masalahnya ya, disitu, maka ada keterlambatan penyaluran BLT Dana Desa Tanggap Covid19 kepada masyarakat miskin tedampak," ungkapnya.

Namun begitupun bagi desa yang belum melakukan penyaluran akan dilaksanakan pada pencairan dana desa tahap dua.

"Saat ini telah dilakukan pengajuan ke Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara Pekanbaru. Biasanya 7 hari kerja. Ditargetkan minggu depan dana desa sudah direkening kas desa masing-masing. Baru selanjutnya disalurkan BLTnya," ucapnya.

Bagi yang terlambat, pencairan BLT bagi warga miskin terdampak yang belum dapat pada bulan April akan dirapel untuk bulan April dan Mei 2020 sekaligus.

Terkait dengan teknis penyaluran maupun penerima BLT, zamur menyampaikan bahwa semua itu merupakan kewenangan kepala desa.

"Yang jelas penerima BLT Dana Desa adalah masyarakat miskin yang terdampak Covid19. Kemudian tidak ada menerima bantuan dari pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten baik itu KKS-PKH, BPNT maupun Sembako," terangnya lagi.

Untuk itu Ia berharap dengan bantuan tersebut dapat membantu meringankan beban ekonomi warga miskin yang terdampak Covid19.

"Kita berharap wabah Covid19 ini dapat segera berakhir agar kehidupan ekonomi warga pulih kembali," katanya mengakhiri. (ton)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan