Riau

Disdagtri Turut Sosialisasikan Penerapan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19

TEMBILAHAN (MR) - Sebelum penerapan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19, personil TNI dari Kodim 0314/Inhil, Polres Inhil, Satpol PP dan Dishub serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagtri) Kabupaten Inhil melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat di pusat-pusat keramaian seperti pasar pasar, pelabuhan, swalayan, pertokoan dan kedai kedai yang berada di seluruh wilayah kota Tembilahan, Minggu (31/05/2020) kemarin.

Sebelum melaksanakan sosialisasi, seluruh anggota yang tergabung dalam tim penegakan disiplin terlebih dahulu melaksanakan apel gabungan di halaman apel Mapolres Inhil dengan dipimpin langsung Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal dan Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman Siahaan untuk memberikan pembekalan dan pembagian sektor tugas dalam sosialisasi.

Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman dalam penyampaiannya mengatakan bahwa sosialisasi yang akan dilaksanakan ini merupakan kegiatan masif terkait dengan kebijakan pemerintah yang akan melaksanakan penertiban disiplin serentak se Indonesia, kecuali daerah yang melaksanakan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB).

"Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat Kabupaten Inhil khususnya Tembilahan tentang penerapan disiplin protokol kesehatan Covid 19, karena kita bisa melihat sekarang ini banyak masyarakat yang beranggapan bahwa setelah selesai melaksanakan ibadah puasa,selesai juga virus Corona.

Penerapan penertiban disiplin ini intinya protokol kesehatan Covid-19 itu harus dijalankan di samping kewajiban perekonomian itu harus dipenuhi. Namun, untuk kegiatan selain kegiatan perekonomian seperti kerumunan pesta dan sebagainya, kita masih menunggu kebijakan dari pusat," papar Kapolres Inhil.

"Kita akan melaksanakan pendisiplinan masyarakat, kita sebagai aparat penegak displin merupakan garda terdepan dalam hal ini. Dalam pelaksanaannya tetap harus humanis dan sopan serta santun, karena masyarakat merupakan bagian dari kita," imbuh AKBP Indra Duaman.

Senada dengan itu, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal mengingatkan kepada para personil yang tergabung dalam tim penegak disiplin protokol kesehatan agar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya menegakkan kedisiplinan masyarakat, para penegak disiplin harus mengenakan protap kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan, pengecekan suhu tubuh dan sebagainya.

"Sebagai penegak kedisiplinan, artinya kita dahulu yang harus disiplin, jangan sampai dimata masyarakat justru kita dinilai sebagai penegak yang tidak disiplin. Ini adalah sebuah tanggungjawab yang besar," ujar Dandim.

Lanjut Letkol Inf Imir Faishal, ia mengingatkan kepada dirinya pribadi dan kepada seluruh rekan-rekan yang tergabung dalam penegakan disiplin ini agar dapat mendisiplinkan diri terlebih dahulu.

"Yakinkan diri ketika terjun ke masyarakat bahwa kita bisa menjadi contoh, bisa menjadi tauladan bagi masyarakat dalam hal penegakan disiplin protokol kesehatan. Saat sosialisasi dan patroli, jaga jarak antar petugas, pakai masker, karena sesuai apa yang dikatakan bapak Kapolres kita adalah sebagai garda terdepan dalam penegakan tentu saja kita dituntut kerja keras yang ekstra, dituntut pengorbanan yang lebih. Meski ini hari minggu kita bekerja, besok tanggal merah kita bekerja, mari kita laksanakan ini dengan tulus dan ikhlas. Mudah mudahan ini menjadi amal ibadah kita dan menjadi berkah bagi diri kita dan keluarga," tutup Dandim 0314/Inhil. (advertorial)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan