Riau

5 Juni Siswa SMP Sederajat Lulus, Pengumuman Melalui Online

PANGKALAN KERINCI (MR) - Kelulusan Siswa SMP, SMPLB dan Program Paket B atau sederajat di Kabupaten Pelalawan, Riau, rencananya tetap akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2020. 

"Hal ini berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 tahun 2020, pasal 7 huruf b ," ujar Kepala bidang Pembinaan dan Pengembangan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pelalawan, Yasri Budu di Pangkalan Kerinci, Selasa (2/6).

Mengenai kelulusan siswa, Yasri menjelaskan, semua akan disesuaikan dengan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) nomor 4 tahun 2020 tanggal 24 Maret, tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus corona. 

"Untuk nilai kelulusannya akan ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir yang diraih siswa tersebut. Sedangkan nilai semester enam yang belajar dan ujian di rumah dapat digunakan sebagai nilai tambahan," terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya saat ini lagi melakukan pendataan siswa berdasarkan sekolah dan memastikan data tersebut terkoneksi pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kita bersama sekolah akan berkoordinasi terkait dengan nilai para siswa sehingga tidak satupun siswa tersebut merasa dirugikan pada libur sekolah di masa pendemi," ucapnya lagi.

Untuk pengumuman kelulusan siswa, Yasri menyebutkan akan dilakukan dengan memakai sistem online sesuai dengan imbauan pemerintah yang mengharuskan tidak mengumpulkan orang banyak. 

"Pengumuman tidak secara manual namun akan tetapi memakai aplikasi WhatsApp Group (WAG) yang sudah ada sebelumnya ataupun memakai telepon orang tua siswa," kata Ia mengakhiri.

(ton).




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan