Riau

New Normal Dengan Protokol Kesehatan di Kabupaten Pelalawan Belum Maksimal

Salah seorang pelaku usaha di Pasar baru terciduk tidak memakai masker oleh Bupati Pelalawan HM Harris dan Gugas Covid19

PANGKALAN KERINCI (MR) - Setelah Kabupaten Pelalawan ditetapkan menjadi salah satu Kabupaten/Kota yang menerapkan Tatanan Kehidupan Baru atau New Normal, Pemerintah Kabupaten Pelalawan langsung bergerak dengan menggelar rapat terbatas bersama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 di Ruang Rapat Bupati Lantai II beberapa waktu yang lalu.

Dalam penjelasannya Bupati Kabupaten Pelalawan HM Harris menyampaikan kepada awak media bahwa apabila kelak ditemukan para pelaku usaha yang tidak menerapkan protokol kesehatan maka usaha bisa ditutup. 

"Kalau tidak menerapkan protokol kesehatan maka kita punya hak untuk menutup," ujarnya.

Namun hasil liputan media ini diseputaran kota Pangkalan Kerinci masih banyak para pelaku usaha yang tidak menerapkan protokol kesehatan seperti para konsumen atau pembeli yang tidak menggunakan masker, tidak tersedianya tempat untuk mencuci tangan dan menjaga jarak (Sosial Distancing). Padahal sudah hampir sepekan Kabupaten Pelalawan menerapkan New Normal.

Kemudian disalah satu pasar tradisional yakni Pasar Baru yang berada dikawasan Kota Pangkalan Kerinci, masih terlihat banyak pengunjung serta penjual tidak pakai masker, padahal, sebagian masyarakat maupun para pelaku usaha sudah tahu akan imbauan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Begitu juga dengan outlet supermarket seperti Alfamart dan Indomaret masih tidak terlihat adannya penerapan protokol kesehatan bagi pengunjung.

Namun berbeda dengan Swalayan Mandiri dan Ramayana yang terlihat telah menerapkan standar protokol kesehatan dengan melakukan pemeriksaan pengunjung yang akan memasuki area berbelanja. Disamping itu juga terlihat adanya pengamanan dari pihak keamanan TNI-Polri dipintu masuk sambil terlihat mengingatkan para pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kalau disini kita diingatkan untuk memakai masker dan cuci tangan sebelum masuk berbelanja," ujar Rani salah seorang pengunjung Swalayan Mandiri saat ditemui di depan pintu masuk, Selasa (2/6).

Sedangkan salah seorang karyawan dari Alfamart yang coba ditemui media ini menyebutkan belum ada petunjuk maupun arahan terkait dengan adanya penerapan New Normal dengan  protokol kesehatan yang relatif ketat. 

"Belum ada surat edaran maupun petunjuk dari bos, soal penerapan protokol kesehatan disini pak," kata karyawan yang bertugas sebagai kasir di Alfamart singkat.

(ton).




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan