Riau

Tagihan Listrik Meroket, Ini Penjelasan PLN Dumai

Pihak PLN Dumai memberikan penjelasan kepada wartawan

DUMAI (MR) - Jum'at, 5 Juni 2020 masyarakat Kota Dumai dihebohkan dengan meroketnya biaya tagihan listrik mereka di bulan ini. Bahkan kenaikannya lebih dari 100 persen.

Seperti diungkapkan Fahrul, biasanya tagihan  listrik rumahnya hanya Rp.800.000 paling tinggi. Namun bulan ini setelah di cek jadi Rp. 1.321.710.

"Saya lihat di beranda Facebook, banyak warga yang mengeluhkan kenaikan tagihan listrik. Lalu saya cek tagihan listrik saya bulan ini, ternyata naik hampir dua kali lipat," Ujar Fahrul.

Ternyata tak hanya mengeluh di medsos, menjelang sore, puluhan masyarakat Kota Dumai menyerbu Kantor PLN di Jalan Jendral Sudirman untuk mempertanyakan soal kenaikan tarif ini.

"Hidup sudah susah karena wabah Covid19 ini, tambah parah lagi dengan tagihan listrik yang melonjak tidak wajar seperti ini," ujar salah seorang warga.

Ditemui sejumlah wartawan, pihak PLN Cabang Dumai Janatul Firdaus selaku Manejer ULP Dumai didampingi Yulpendri, Manejer pemasaran dan Harianja manajer keuangan mengatakan lonjakan tagihan listrik bulan ini bukan karena kenaikan tarif listrik.

Hal ini karena tarif yang dipakai dan dibayar pelanggan di bulan Maret dan April adalah tarif rata-rata yang diambil dari acuan bulan Desember 2019 dan Januari serta Februari 2020.

"Kenapa kita kenakan tarif rata-rata di bulan Maret dan April 2020, karena petugas pencatatan meteran kita tidak bertugas di dua bulan tersebut akibat adanya Covid-19. Demi keselamatan tenaga kerja, makanya tidak ada petugas pencatatan di lapangan," katanya.

Karena pihak PLN menggunakan tarif rata-rata dalam tagihan bulan Maret dan April, sehingga ada pergeseran pemakaian karena kekurangan tagih di Maret dan April. Kekurangan tersebut diakumulasi ke tagihan bulan ini.

Dikatakannya lagi dengan kondisi bekerja dan sekolah di rumah saja tentu ada kenaikan pemakai listrik oleh pelanggan dan juga ditambah lagi dengan bulan puasa yang juga biasanya pemakaian ikut meningkat.

"Jika lebih banyak di rumah tentunya lebih banyak memakai energi listrik, untuk belajar online, bekerja online hiburan main game dan menonton TV serta sebagainya," Jelasnya lagi.

Kepada masyarakat, perihal lonjakan tagihan ini, silahkan download PLN Mobile di Playstore, atau Call Center 0765-123. Jika ada kenaikan kenaikan tagihan listrik silahkan mendatangi kantor Rayon PLN Dumai Kota setiap hari kerja. (MR/GJS)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan