Riau

Hasil Rapid Test, Empat Warga Dumai dan Satu Crew Kapal Didapati Memiliki Reaktif Virus Corona

Ilustrasi (google.com)

DUMAI (MR) - Kegiatan Rapid Test dari gugus tugas Covid-19 Kota Dumai kembali menemukan Warga Dumai yang Rapid Testnya Reaktif Corona di tubuhnya. (6/6)

Hasil ini didapati setelah beberapa waktu yang lalu tim Gugus tugas turun langsung ke masyarakat untuk melaksanakan Rapid Test tersebut.

Saat dikonfirmasi oleh awak media, dr Syaiful selaku juru bicara Tim satgas covid yang diwakili oleh Nurbaiti selaku Kabid Pencegahan Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Dumai membenarkan hal tersebut.

Ia mengatakan, untuk warga yang ditemukan Reaktif Virus Corona di tubuhnya ini berjumlah empat orang.

Nurbaiti juga menjelaskan, untuk saat ini para warga tersebut sudah menuju Rumah Sakit Umum Daerah untuk diisiolasi dan akan dilakukan Test selanjutnya.

"Hasil ini kita dapati setelah tim melaksanakan Rapid Test langsung ke masyarakat dan hasilnya kami menemukan empat warga Dumai yang hasil Rapid Testnya mempunyai Reaktif Virus Corona," Ujarnya.

Sedangkan untuk Crew kapal yang ditemukan Reaktif Virus Corona berasal dari Myanmar yang mana kapal tersebut berasal dari Cina dan kapal tersebut bernama MV Glorius Sunlight.

Hal ini diutarakan oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhannya (KKP) Kota Dumai H.Efrizon SKM melalui Kepala Seksi Pengendali Karantina Suprapto SKM M.MSI.

Suprapto menjelaskan, crew ini berhasil diidentifikasi setelah pihaknya beserta tim terkait melaksanakan Rapid Test kepada seluruh Crew kapal tersebut.

"Jadi sebelum kapal itu bersandar ke Dumai, kami sudah siap siaga untuk mencegah virus ini masuk melalui kapal-kapal asing, berbekalkan Crew list, kami bersama seluruh tim langsung melakukan pengecekan kepada seluruh Crew yang ada di kapal pada Jum,at (5/6) kemarin sesaat kapal itu bersandar dan hasilnya kami temui satu Crew yang memiliki reaktif Corona di tubuhnya dan kami langsung mengisolasi Crew tersebut dan saat ini kami sudah meletakkan Crew kapal ini ke RSUD Dumai untuk dilakukan tes lebih lanjut," imbuhnya.

Kasi Pengendalian Karantina KKP Dumai ini juga menambahkan, untuk kapal MV Glorius Sunlight sudah disemprot cairan disinfektan yang mana merupakan hal tersebut merupakan salah satu SOP Kesehatan Covid-19.

"Untuk kapalnya sudah kita semprotkan cairan disinfektan, hal tersebut merupakan salah satu SOP Kesehatan Covid-19 yang kita jalankan, untuk hal-hal yang lain kita akan terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait," tuturnya.

MV Glorius Sunlight sendiri merupakan kapal kargo yang berasal dari Cina dengan tujuan Dumai.

 

Penulis: Didin Marican




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan