Riau

Gajah Luar Masuki Desa Sotol Langgam

PANGKALAN KERINCI (MR) - Puluhan kawanan gajah yang diduga liar memasuki daerah perkampungan Desa Sotol, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau, Selasa (23/6).

Gajah liar ini, terlihat lagi memakan tanaman pisang serta sawit yang masih berumur 7 tahun dan merusak tanaman karet disepanjang Sungai Sotol atau Kampar Kiri.

Hingga saat ini kawanan gajah yang diperkirakan berjumlah lebih kurang dua puluh ekor tersebut masih berada di kawasan hutan yang berada dipinggiran desa. 

Menurut penuturan PLT Camat Langgam Sugeng Wiharyadi kepada media melalui sambungan seluler, Selasa (23/6), menyebutkan hal ini telah dilaporkan ke pihak BKSDA Riau. 

"Kita sudah sampaikan ke pihak BKSDA Riau namun hinga saat ini mereka (BKSDA,Reds) belum turun untuk melakukan tindakan," ujarnya.

Untuk itu, kata Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan ini lagi, pihaknya bersama dengan warga desa melakukan usaha secara bergantian menjaga sepanjang aliran sungai agar kawanan itu tidak memasuki areal perkampungan dan lahan perkebunan.

"Insyaallah, atas kerja keras dan kemauan bersama masyarakat desa hingga saat ini situasi masih terkendali dan kita berharap agar kawanan gajah ini dapat segera keluar dari areal pemukiman dan perkebunan warga," harap Sugeng.

Dalam kesempatan ini juga Sugeng menyampaikan telah meminta kepada sebuah perusahaan yang mempunyai kemampuan penggiringan gajah.

"Belum ada jawaban. Namun yang pasti kita berusaha semampunya untuk saling bekerja sama menjaga areal masing-masing," katanya mengakhiri.

(ton)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan