Riau

Kapolres Pelelawan Pimpin Pendinginan Lahan Gambut yang Terbakar di Pangkalan Kerinci

Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko terlihat langsung turun dalam melakukan pemadaman karhutla di Desa Kuala Terusan, Kamis (2/7).

PANGKALANKERINCI (MR) - Lahan gambut yang berupa semak belukar namun didalamnya terdapat tanaman kelapa sawit yang masih kecil, milik Kelompok Tani Sebadadaran dan Tanjung Mandiri, Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, terbakar, Kamis (2/7) yang lalu.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi ini menghanguskan areal seluas lebih kurang 6 Hektar, melibatkan tim pemadaman berjumlah 70 orang yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP dan Damkar, BPBD Kabupaten Pelalawan, RPK juga MPA Desa Kuala Terusan serta Damkar PT RAPP.

"Api saat ini telah padam namun masih menyisakan kepulan asap sehingga masih perlu dilakukan pendinginan lanjutan," ujar Kapolsek Pangkalan Kerinci AKP Novaldi di Pangkalan Kerinci, Minggu (5/7).

Ditambahkannya lagi, pemadaman kali ini memakai peralatan seperti ministriker, maxtri, selang air dan selang hisap dibantu beberapa mobil Damkar dan Water Bombing dari BPBD Riau.

"Areal yang terbakar merupakan lahan gambut yang sudah kering ditambah lagi akses jalan kelokasi pendinginan cukup jauh dan rusak," ungkapnya.

Kata Ia lagi, cuaca pada saat terjadinya karhutla sangat panas dan angin berembus sangat kencang sehingga pergerakan api cukup cepat dalam membakar habis lahan.

"Asal api dalam penyelidikan. Kita masih kumpulkan bukti-bukti," terangnya.

Dalam kegiatan pendinginan ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK serta didampingi Kabag Ops Kompol Daud Sianturi, Kasat Intelkam AKP Amriadi, Kasat Sabhara, AKP J Lumban Toruan serta diikuti personil gabungan dari personil Polres Pelalawan juga Polsek Pangkalan  Kerinci. (Ton) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan