Riau

Masyarakat Diminta Awasi Oknum ASN Terlibat Politik Praktis

Ilustrasi, net

PEKANBARU (MR) - Pesta Demokrasi tahun 2017 sudah di depan mata. Tahapan demi tahapan sudah dilalui masing-masing calon wikota dan wakil walikota Pekanbaru 2017-2022, termasuk tahapan kampanye yang saat ini sedang berlangsung.

Untuk itu, Panwaslu dan masyarakat diminta ikut berperan aktif melakukan pengawasan kemungkinan terjadinya tindak kecurangan, termasuk mengawasi oknum-oknum ASN yang terlibat politik praktis.

Demikian disampaikan oleh Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Hotman Sotompul.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini lagi, peran seorang Aparatur Sipil Negara(ASN) harus mengedepankan netralitasnya sebagai penjabat negara. Selain menjaga netralitas, seorang ASN juga dilarang ikut berpolitik praktis dalam mendukung salah satu pasangan calon kepala daerah.

"Sesuai dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, maka selaku pejabat ASN tidak dibenarkan ikut berpolitik praktis dalam mendukung apalagi ikut memangkan salah satu pasangan calon. Untuk itu, fungsi pengawasan bukan saja menjadi tanggungjawab pihak Panwaslu saja, tetapi peranan masyarakat juga dituntut oleh berperan aktif dalam melakukan pengawasan," ungkap Hotman.

Bahkan, menurut Hotman lagi, pihaknya di DPRD Kota Pekanbaru siap menerima laporan dari masyarakat yang menemukan pelanggaran ASN.

" Kita siap menerima laporan dari masyarakat jika menemukan oknum ASN yang terlibat politik praktis, tetapi laporan tersebut harus bisa dipertanggungjawabkan yakni dengan bukti. Kalau laporan tersebut lengkap maka kita akan segera memanggil pejabat yang terlibat serta Badan Kepegawaian Daerah. Bila memang terbukti, maka kita minta BKD memberikan sanksi sesuai dengan Undang-undang ASN," ungkap Hotman.*** (Halloriau)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan