Riau

DPMPTSP Dumai Tawarkan Pelayanan Mudah dan Cepat kepada Investor

DUMAI (MR) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Dumai melalui diskusi FORUM KITA yang digelar oleh Pekanbaru Journalis Centre (PJC) pada Jumat (24/07/2020) di Hotel Sonaview, Jalan Pattimura, menjelaskan bagaimana alur investasi bagi pelaku usaha.

Diawali oleh Kabid perizinan dan non perizinan, Winda Yanti bahwa pihaknya akan memberikan kemudahan serta pelayanan yang cepat kepada pelaku usaha dan investor.

"Pada intinya kami tidak pernah mempersulit pelaku usaha dalam penerbitan izin. Pihak pelaku usaha bisa mendaftarkan melalui Online Single Submission (OSS), disana pelaku usaha akan diminta melengkapi komitmen dan kita bantu, agar bisa efektif." jelasnya.

Terkait investasi, Tri Juni, Kabid data Promosi dan Kerja sama Investasi menjelaskan bahwa Dumai cukup dilirik di Indonesia, dimana terdapat beberapa kawasan industri seperti di Lubug Gaung dan Medang Kampai serta di PT Pelindo.

"Terkait alur investasi di DPMPTSP dapat kami berikan ilustrasi bahwa misalkan si A ingin berinvestasi, langkah utama yang harus dilakukan adalah ke bidang perencanaan, nanti akan diarahkan oleh perencanaan." jelasnya.

Kemudian lanjutnya, mengurus perizinan, pelaku usaha akan mendapat berbagai kemudahan dan pelayanan terkait perizinan. Khusus pelaku usaha UMKM saat ini sudah serba online.

"jadi untuk UMKM perizinan sudah sangat mudah dimana izin mereka bisa langsung keluar dengan syarat cukup mudah, hanya bermodalkan KTP dan NPWP. Bagi pelaku usaha yang belum familiar dengan fasilitas digital bisa datang langsung ke DPMPTSP nanti akan kami berikan bimbingan." terangnya.

Untuk kenyamanan dan keamanan jelas Tri Juni, DPMPTSP memfasilitasi klinik untuk pelayanan konsultasi bagi pelaku usaha.

"Untuk pelaku usaha dengan modal Rp500 juta ketatas mereka harus melaporkan penanaman modalnya. Laporan ini selain kegiatan mereka akan diminta mengisi keluhan yang mereka hadapi." sebutnya.

Untuk kota Dumai, kata Tri Juni, tingkat investasi cukup tinggi, dimana saat ini nilai investasi sudah mencapai Rp21 triliun. Dengan demikian Dumai berada dalam peringkat ke dua di Provinsi Riau.

"Triwulan pertama, kita peringkat pertama, namun triwulan kedua agak menurun. Barangkali akibat beberapa faktor yang terjadi belakangan," jelasnya.(Infotorial Pemko Dumai)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan