Pariwisata

Ayo ke Kampung Teratai, Tempat Asyik untuk Rekreasi dan Santai

MONITORRIAU.COM - Siapa yang belum pernah melihat bunga teratai? Tanaman yang tumbuh di permukaan air, tanaman ini beradaptasi dengan lingkungan yang memiliki ketersediaan air yang banyak dan kelembapan yang tinggi biasa hidup di kolam dan danau.

Teratai memiliki daun yang lebar dengan bentuk yang melingkar dan tepi daun agak bergerigi sebagian besar daun-daun mengapung di atas air, teratai memiliki bunga yang indah dengan berbagai Jenis teratai Ada 3 jenis. Teratai Pink ( Nymphaea rubra), Teratai Putih ( Nymphaea alba) dan Teratai Ungu (Nymphaea caerulea).

Di Kota Dumai, Provinsi Riau ada tempat wisata yang dinamakan Kampung Teratai. Berawal hanya dari kolam ikan dan di penuhi bunga teratai, akhirnya Sidahin Bangun, pengelola kampung teratai menjadikan lokasi yang asri dan nyaman untuk dijadikan tempat bersantai dan berliburan bersama keluarga. 

Ya, Wisata Kampung teratai ini bermula dari awal Maret 2016. Tahap demi tahap yang di jalani dan di kembangkan di wisata kampung teratai menjadikan salah satu destinasi wisata alam yang banyak digemari masyarakat kota Dumai maupun luar kota Dumai.

Lokasi kampung teratai terletak di Jalan Impres 1 RT 18 depan Arhanud Rudal Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai. Jarak tempuh menuju wisata Kampung Teratai hanya 20 menit dari Hotel Grand Zuri atau pusat Kota Dumai. Pada saat masuk kita hanya dikenakan biaya Rp. 3000 per orang.
 
Lokasi ini kampung teratai ini cukup asri dengan banyak pepohonan dan jauh dari keramaian. Dilengkapi berbagai wahana dan permainan seperti arena bermain anak, areal taman dengan rumput yang hijau, memberi makan ikan Mas di kolam dan wahana bebek air dayung.

Untuk kuliner, ada beberapa jenis pilihan menu yang bisa kita nikmati. Seperti Nasi Goreng, Mie Goreng/rebus, Ayam Penyet, cemilan sosis/nugget, ikan bakar Gurami, ikan Gurami Goreng dan yang spesialnya kita bisa menikmati ikan bakar dengan bumbu spesial yang akan bikin ketagihan.

"Wisata Teratai ini buka setiap hari namun pada saat akhir pekan Sabtu dan minggu kita selalu kewalahan karena ramainya pengunjung datang ke wisata Kampung Teratai,untuk bermain wahana dan melihat mekarnya bunga teratai dan berkumpul bersama keluarga," jelas pengelola.

Kampung Teratai identik dengan Bunga Teratai, disini ada 3 jenis teratai yang tumbuh warna bunga Teratai. Ada 3 jenis di Kampung Teratai warna Pink, Putih dan Ungu. Bunga Teratai Pink dan Putih  biasa mekar 2 kali sehari jam 6 - 9 pagi, dan sore jam 5 sampai malam, tergantung cahaya matahari. Kalau terik biasa Teratai bunga pink dan putih tidak mekar.

"Untuk bunga teratai ungu mekar 1 kali sehari. akan berulang kali mekar sampai bunga tua. Kisaran mekarnya antara jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Kalau cahaya matahari terik maka dia mekar, Khusus teratai ungu, teratai ini memiliki aroma wangi ketika mekar,"pungkasnya. 

Sangat menarik untuk dikunjungi dan menikmati indahkan Bunga Teratai di Kampung Teratai, untuk infomasi bisa hubungi 085375298154, Sidahin Bangun, pengelola kampung teratai. (AL) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan