Riau

Pencuri Sarang Burung Walet Di Malam Hari Raya Idul Adha Di Tangkap Polisi

UJUNGTANJUNG (MR) - Seorang Pemuda pengangguran asal Ujung Tanjung diamankan ke Polres Rokan Hilir pada Jumat,(31/07/2/2020) Sekira pukul 22.00 WIB karena nekat mencuri sarang burung walet di sebuah rumah toko berlantai empat di Jalan Lintas Ujungtanjung-Bagansiapiapi Rohil.

Pelaku dengan inisial AS alias Putra (20) itu diketahui merupakan Warga Jalan Lintas Riau-Sumut Kepenghuluan Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir.

Beruntung, aksi pelaku ini diketahui oleh penjaga ruko saat memanen sarang burung walet dilantai empat milik pengusaha asal medan yang beralamat di Jalan Lintas Ujung Tanjung-Bagansiapiapi,bahkan pelaku sudah mengumpulkan sarang walet sebanyak 6 karung.

Demikian diuangkapkan Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK melalui Kasubag Humas AKP Juliandi SH,Ahad (02/08) melalui pesan Whatt Shappnya.

"Ya,Malam hari raya Idul Adha,seorang pencuri sarang burung walet berhasil kita amankan setelah menerima laporan dari pemiliknya,Kasus ini masih dalam pendalaman Unit 1 Satreskrim Polres Rokan Hilir, sebelumnya pelaku AS alias Putra bersama barang buktinya sudah diamankan setelah adanya laporan polisi dari pelapor,pelaku kita kenakan Pasal 363 tentang pencurian dengan ancaman hukuman selama 7 tahun penjara,”Ungkap Juliandi.

Kronologis penangkapan pelaku,tambah Juliandi lagi,berawal pada Jumat,(31/072020),Sekira Pukul 20.00 WIB lalu,saat penjaga bangunan sarang burung walet bernama Sugeng menelepon Boiman Suganda (50) selaku orang kepercayaan Darmawan Herlina (58) sebagai pemilik ruko sarang walet dalam hal ini sebagai pelapor. Memberitahukan Adanya pencurian walet diruko yang dijaganya."Terangnya.

Setelah mendengar informasi tersebut, Boiman Suganda (Pelapor) pada saat itu sedang berada di Bukit Kapur Kota Dumai langsung berangkat menuju ke Ujung Tanjung, sekira Pukul 21.00 WIB, Pelapor sudah sampai di ruko sarang walet yang berlokasi di Jalan Lintas Ujung Tanjung-Bagansiapiapi Kepenghuluan Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih.

Sesampainya di ruko tersebut, melihat situasi di sekitar ruko sarang walet sudah dikerumuni warga sekitar. Akhirnya Boiman Suganda (pelapor) bersama saksi sugeng dan anak Boiman Suganda yang bernama yuka memutuskan untuk menjebol tembok ruko bagian depan sarang walet untuk masuk ke dalam gedung, sementara warga  menjaga disekitaran lokasi."Terang Juliandi lagi.

Selanjutnya Boiman Suganda (pelapor) bersama saksi naik ke atas gedung tepatnya di lantai 4 dan mendapati pelaku AS alias Putra sudah memanen sarang burung walet  yang disimpan di dalam karung sebanyak 6 ( enam ) karung.
 
Setelah itu, Boiman Suganda (pelapor) membawa pelaku AS alias Putra dan sarang burung walet yang sudah di panen turun dan keluar dari dalam gedung dan membawanya ke Kantor Kepolisian Resor Rokan Hilir guna membuat Laporan dan Penyelidikan lebih lanjut."Tambah Juliandi.

Atas kejadian ini,Mantan Kasat Narkoba ini juga menghimbau masyarakat Rohil untuk selalu waspada terhadap aksi kejahatan apa saja dilingkungan masing-masing dan segera melaporkan kepada kantor Polisi terdekat jika ada oknum yang di curigai akan melakukan kejahatan,"ini salah satu contoh di saat umat islam sedang merayakan hari Raya Idul Adha dia melakukan aksi pencurian di malam harinya."Pungkas Juliandi. (eka).




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan