Nasional

Hari Ini, Sidang Praperadilan Buni Yani Juga Digelar

MONITORRIAU.COM - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan akan menggelar sidang perdana permohonan praperadilan yang diajukan oleh tersangka kasus dugaan penyebar informasi kebencian, Buni Yani, Selasa 13 Desember 2016.

Itu bertepatan dengan jadwal sidang perkara kasus penodaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Namun, sidang Ahok bertempat di gedung eks PN Jakarta Pusat.

Sidang permohonan praperadilan dengan nomor perkara 157/Pid.Prap/2016/PN.Jkt.Sel ini akan dipimpin oleh hakim tunggal praperadilan Sutiyono. Sidang diagendakan akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dengan agenda pembacaan permohonan praperadilan oleh pihak pemohon.

"Sidangnya hari ini. Hakim H Sutiyono, jamnya menyesuaikan," kata Humas PN Jakarta Selatan Made Sutrisna saat dikonfirmasi di Jakarta Selatan, Selasa 13 Desember 2016.

Sebelumnya, tersangka kasus dugaan penyebar informasi kebencian, Buni Yani, resmi mengajukan permohonan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin, 5 Desember 2016 lalu.

Permohonan praperadilan diregister dengan nomor 157/Pid.Prap/2016/PN.Jkt.Sel. Terkait dengan gugatan permohonan praperadilan soal penetapan Buni Yani sebagai tersangka dan juga proses penangkapan yang dilakukan Polda Metro Jaya

Buni Yani ditetapkan sebagai tersangka setelah menjalani pemeriksaan kurang lebih 10 jam di Kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

Buni dijerat Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dengan ancaman hukuman di atas enam tahun penjara dan denda maksimal Rp1 miliar.

Pasal ini mengatur mengenai penyebaran informasi yang menimbulkan rasa kebencian atas permusuhan suku, agama, ras, dan antargolongan.*** (viva.co.id)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan