Riau

Tim Pengabdian Kukerta Balek Kampung UNRI Semprot Disinfektan di Pasar Minggu Perawang

TUALANG (MR) - Wabah virus corona yang sudah melanda Indonesia sejak awal bulan maret belum menunjukkan tanda-tanda penurunan jumlah kasus. 

Justru semakin hari jumlah kasus COVID-19 semakin bertambah, bahkan sudah menyentuh angka 100.000 kasus. Hal ini tentu membuat masyarakat semakin khawatir terutama untuk melakukan keiatan sehari-hari.

Pasar Minggu atau yang umum disebut masyarakat sekitar pasar Perawang adalah pasar yang dibuka sekali seminggu. Di pasar ini menjual berbagai macam kebutuhan pangan, makanan khas, dan banyak hal lainnya. Setiap minggunya pasar ini ramai sekali dikunjungi masyarakat Tualang meskipun ditengah wabah virus Corona.

Menanggapi hal itu, tim KUKERTA Balek Kampung Desa Tualang berinisiatif untuk melakukan penyemprotan disinfektan pasar minggu Perawang yang terletak di RT.06/RW03. 

Tim ini dibimbing oleh bapak Baskoro Wicaksono, S.IP., M.IP selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) yang beranggotakan 10 orang mahasiswa Universitas Riau yaitu: Yuri Prayoga A (FH), Rival Andesta (FT), Pebri Smelvia Hendry (FMIPA), Puty Chairunnisa (FISIP), Rafika Yolanda (FMIPA), Sofia Deviana Utami (FISIP), Syafira Natasha (FMIPA), Vira Islamiati (FISIP), Widya Meilani (FKIP), dan Yen Fifca Ocenia (FISIP).

“Karena pasar ini sangat ramai dikunjungi setiap minggunya yang bisa meningkatkan resiko penularan virus Corona, kami berinisiatif untuk melakukan penyemprotan disinfektan disekitar lingkungan pasar,” Ucap Yuri Prayoga selaku ketua tim KUKERTA Balek Kampung.

Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (23/07/2020). Kegiatan diawali dengan pembuatan cairan disinfektan yang difasilitasi oleh kantor Desa Tualang. Sehingga cairan disinfektan yang digunakan sudah sesuai dengan aturan penggunaan. Selanjutnya tim melakukan penyemprotan dengan menyisir daerah pasar yang ramai digunakan terutama lapak para penjual.
 
Pak M. Yamin selaku ketua RT.06/RW.03 tempat dimana pasar perawang berada menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh tim KUKERTA Balek Kampung desa Tualang.

Diharapkan dengan melakukan penyemprotan disinfektan ini dapat mengurangi resiko penularan virus Corona di sekita pasar Perawang.

“Kami berharap kegiatan penyemprotan disinfektan ini dapat mengurangi resiko penularan COVID-19 di pasar Perawang, sehingga penjual dan pembeli lebih merasa aman dan nyaman ketika berbelanja.” Ucap Yuri Prayoga.

“Kami juga berterimakasih kepada pihak Desa Tualang dan pak Yamin yang sudah memfasilitasi serta memberikan izin untuk melaksakan kegiatan ini,” Ucap Rafika salah satu anggota tim KUKERTA Balek Kampung Desa Tualang. (Red/Rilis)
 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan