Riau

Tim Pengabdian UNRI Gelar Pelatihan Kader Gizi Untuk Mencegah Terjadinya Stunting

MONITORRIAU.COM - Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau Terintegrasi Kecamatan Sukajadi, Kelurahan Kampung Melayu, Kota Pekanbaru, Riau, yang diketuai oleh  dosen pembimbing lapangan Erika, M.kep, Sp.Mat, Ph.D, mengadakan Pemberdayaan Kader Kesehatan Untuk Mendeteksi Gangguan Gizi Serta Gangguan Tumbuh Kembang Pada Balita di Kelurahan Kampung Melayu. 

Walaupun masih terjadinya wabah pandemi Covid-19 tidak menghalangi semangat sivitas akademika Universitas Riau (UNRI) untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Aula Kantor Lurah Kampung Melayu.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh dosen Fakultas Keperawatan Unri dan Mahasiswa Terintegrasi Abdimas Unri dari Fakultas Keperawatan yang dilaksanakan bersama dengan perwakilan Kader Poasyandu dari masing-masing RW di Kelurahan Kampung Melayu, pelaksanaan pelatihan kader gizi ini di gelar pada 07 Agustus 2020 di  Aula Kantor Lurah Kampung Melayu.

Dalam melaksanakan kegiatan seluruh peserta kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 seperti menjaga jarak, pakai masker, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan berlangsung.

Kegiatan Pengabdian ini berupa pemberian Pelatihan pada  Kader Gizi tentang cara mendeteksi gizi serta tubuh kembang berdasarkan umur dari balita atau anak.  Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kader kesehatan bagaimana mengenali dan mendeteksi masalah balita dan anak yang mengalami gangguan gizi  dan gangguan tumbuh kembang  serta bertujuan untuk meningkatkan pegetahuan masyatakat terutama kader kesehatan agar lebih mengenali masalah gangguan gizi sehingga bisa menjadi kontrol apabila ada keluarga di masyarakat yang memiliki anak dengan masalah gizi kurang atau masalah tumbuh kembang. 

Kegiatan pelatihan diawali penyampaian materi tentang gizi buruk dan tanya jawab oleh narasumber yaitu Ns. Sri Utami, S.Kep, M.Biomed, dilanjutkan dnegan praktik langsung cara menimbang berat badan balita.

"Kegiatan pengabdian ini merupakan wujud kepedulian dan partisipasi aktif dosen dan mahasiswa KKN Unri terhadap tingginya angka stunting di kota Pekanbaru."  Tutur ketua tim kukerta pengabdian FKp kelurahan Kampung Melayu, Erika, M.Kep, Sp.Mat, Ph.D
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan