Riau

Bawaslu Kuansing rekom Perbaikan 1.869 data pemilih bermasalah dalam DPS Pilkada Kuansing

KUANTAN SINGINGI (MR) - Bawaslu Kuantan Singingi menemukan sebanyak 1.457 pemilih ganda dalam Daftar Pemilih Sementara untuk Pilkada Kuantan Singingi tahun 2020. Pemilih ganda tersebut tersebar di lima belas kecamatan. Kecamatan Singingi Hilir dengan pemilih ganda terbanyak berjumlah 288 nama.

Teddy Niswansyah, S.I.Kom, komisioner Bawaslu Kuansing senin, 5 oktober menyebutkan "temuan Bawaslu Kuansing sebanyak 1.457 nama ganda dalam DPS merupakan ganda intern kecamatan dan antar kecamatan" ujarnya. "Pemilih ganda dalam daftar pemilih adalah penyakit yang dapat disembuhkan, perlu ketelitian dan kecermatan dalam menyusun daftar pemilih yang notabene berhubungan dengan hak pilih masyarakat" ungkap Teddy.

Selain itu, Pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kuansing juga menemukan 1 data pemilih bermasalah, 20 pemilih pindah domisili, 97 pemilih meninggal dunia, 123    pemilih jauh dari TPS, 160    pemilih salah TPS, 2 pemilih status TNI,    2    pemilih status Polri, 3    pemilih tidak terdaftar dan 4 pemilih ubah data. Sehingga total data pemilih yang bermasalah dalam DPS sebanyak 1.869.

Selanjutnya Bawaslu Kuansing telah menyurati KPU Kuansing terkait temuan data pemilih bermasalah dalam DPS ini sejak 2 oktober lalu "Kami telah menyurati KPU Kuansing untuk memperbaiki DPS sebelum ditetapkan menjadi DPT, kemudian jajaran kami Panwascam dan Pengawas Kelurahan Desa memastikan nama-nama ganda tersebut diperbaiki dari tingkat rekapitulasi DPSHP di Desa, Kelurahan dan Kecamatan" bebernya.

Teddy mengingatkan agar KPU Kuansing dalam melakukan perbaikan jangan menghapus seluruh data pemilih yang ganda tersebut dan memasukan pemilih baru yang memenuhi syarat memilih dalam DPSHP, ujar Kordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kuansing. ***




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan