Riau

Bajak Laut yang Ditangkap TNI AL Pernah Beraksi di Malaysia

TANJUNGPINANG (MR) - Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV mengamankan enam perompak yang selalu beraksi di Selat Malaka. Selain beraksi di Perairan Indonesia, para bajak laut juga pernah beraksi di Perairan Malaysia.

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI S. Irawan menjelaskan, dari keenam pelaku yang ditangkap, tiga di antaranya adalah pelaku lama.

"Tiga pemain lama termasuk ada satu yang resedivis. Sementara tiga perampok lain masih baru,"ucap Laksamana Pertama TNI S. Irawan kepada Okezone, Senin (26/12/2016).

Dia menjelaskan, setiap pelaku memiliki peran yang berbeda. Pelaku berinisial UA berperan sebagai pemanjat. AU merupakan  mantan narapidana yang dijatuhi vonis 4,5 tahun karena melakukan pembajakan MT Zafirah Tahun 2012.

Pelaku TA dan L juga  berperan sebagai pemanjat kapal yang akan dirompak. Mereka tercatat pernah melakukan percobaan pencurian terhadap kapal MT Lautan Promise Tahun 2013.

"Pelaku L alias Romo tercatat pernah membajak kapal di Perairan OPL Timur, Malaysia" pungkasnya.

Tiga 'pemain baru' adalah MA, FS dan R. Pelaku MA berperan sebagai nahkoda, sedang FS berperan sebagai juru mudi atau pembantu nahkoda dan R yang berperan sebagai pemanjat. 

"Dari enam bajak laut diamankan boat pancung GT 01 yang dipakai untuk merompak. Kemudian empat buah handphone, tali panjat dan senjata tajam," tambah Kepala Dispen Lantamal V Mayor, Josdy Damopolii.

Josdy menerangkan, saat ini para perompak dibawa ke oleh markas TNI AL berserta barang bukti untuk proses lebih lanjut.

Seperti diketahui enam perampok berhasil diamankan pihak TNI AL di  Perairan Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam, Propinsi Kepri. Keenam bajak laut itu rencananya akan beraksi di Selat Malaka antara perairan Indonesia dan Malaysia.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan