Nasional

Cegah Covid-19, TP PKK Dumai Turut Kampanyekan CTPS di 7 Kecamatan

Ketua TP PKK Dumai, Hj Haslinar beserta Kader PKK memperagakan gerakan CTPS

DUMAI (MR) – Beragam cara dilakukan untuk memutus penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), salah satunya ialah dengan terus melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Hal itulah yang di Kampanyekan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Dumai bersama Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Dumai.

Kampanye CTPS ini berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Dumai Timur, Jalan Putri Tujuh pada Rabu (25/11/2020) yang secara resmi dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj Haslinar Zulkifli AS.

TP PKK yang merupakan mitra pemerintah memiliki fungsi dan peran strategis disemua bidang, salah satunya bidang kesehatan masyarakat.

Hj Haslinar mengapresiasi terlaksananya kegiatan Kampanye CTPS di 7 Kecamatan yang diselenggarakan atas kerjasama TP PKK Kota Dumai dengan Satgas Covid-19 Kota Dumai.

“Kita sadar betul bahwa pandemi ini belum berakhir. Untuk itu diharapkan peran strategis Ibu-ibu untuk melindungi diri dan keluarga agar terhindar dari penularan Covid-19,” ujar Hj Haslinar.

Ia menjelaskan, walaupun gerakan CTPS ini sudah menjadi kebiasaan didalam hidup kita, namun kita perlu mengingatkan kembali yang dimulai dari lingkungan keluarga hingga ke masyarakat luas.

“Ayo kita berdayakan kembali gerakan mencuci tangan pakai sabun ke masyarakat, baik itu sebelum maupun sesudah beraktivitas. Semoga niat baik kita semua dalam upaya memutus mata rantai Covid-19 mendapatkan ridho dari Allah SWT,” ujar Hj Haslinar dihadapan para kader PKK yang hadir.

Selain itu, Ia juga meminta kader PKK untuk terus mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menggunakan masker dan menjaga jarak untuk memutus mata rantai Covid-19.

“Kampanye CTPS bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya mencuci tangan pakai sabun terutama saat pandemi Covid-19 saat ini, ada beberapa langkah cuci tangan yang baik dan benar sesuai standar kesehatan, semuanya kami peragakan kepada kader PKK kemudian kami harapkan kader PKK mensosialisasikannya kepada masyarakat luas,” tukasnya.

Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi, kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan hanya dikuti perwakilan kader TP PKK Kelurahan se-Kecamatan Dumai Timur.

Di Aula Kantor Kecamatan Dumai Timur Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj Haslinar menyerahkan bantuan masker secara simbolis yang diterima oleh Ketua TP PKK Kecamatan Dumai Timur, Nani Wijaya.

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris PKK, Hj Erda Sriyani, Ketua Pokja III PKK, drg Hermiyati, Bendahara PKK, Nuraini, Wakil Bendahara PKK, Neliyanti, Kabid Kesehatan Masyarakat Diskes Kota Dumai, Shintia Riza, Kasi Promosi Kesehatan Diskes Kota Dumai, Hj Martalena, Kasi Kesga Gizi Diskes Kota Dumai, Elcha Sesti serta Para Kader TP PKK.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai telah mengkampanyekan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) selama 1 (satu) bulan, mulai dari tingkat Kecamatan hingga tingkat Kelurahan.

Hal itu disampaikan Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli As usai memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang dilaksanakan Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan bertempat di halaman Kantor Bersama, Jalan HR Soebrantas.

Ia berharap agar pesan ini benar-benar sampai ke masyarakat, sehingga nantinya hidup sehat itu akan muncul dan mencegah dari berbagai penyakit, terkhususnya Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

Kegiatan yang telah dilaksanakan pada Kamis (15/10/2020) mengangkat tema “Kebersihan Tangan Untuk Semua, Dalam Pencegahan Penularan Virus Covid-19 dan Penyakit Menular Lainnya”.

Pemerintah Kota Dumai selalu berkomitmen mengambil peran terutama dalam kondisi penanganan Corona virus Disease 2019 (Covid-19). “Semoga apa yang dilakukan saat ini akan sangat bermakna dan berarti untuk masyarakat,” ujar Wako.

Hal senada juga disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Drs. Syahrinaldi. Ia mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan, menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada sesuai dengan anjuran Pemerintah.

“Mari bersama-sama kita berdoa, mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini segera berakhir di Kota Dumai,” harapnya.

Ada enam langkah gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun yang diperagakan yaitu basuhi tangan, gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.

Kemudian gosok sela sela jari tangan hingga bersih. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Terakhir, letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan, bilas dengan air bersih dan keringkan.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan