Religi

Pemko Gelar MTQ Ke XVII Tingkat Kota Dumai

Walikota Dumai, H Zulkifli AS bersama Forkompimda membuka MTQ Ke XVII Tingkat Kota Dumai

DUMAI (MR) – Walikota Dumai, H Zulkifli AS secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke XVII tingkat Kota Dumai tahun 1442 H/2020 M yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Dumai, bertempat di Masjid Taqwa, Jalan Sudirman, Jum’at (28/08/2020) malam.

Pelaksanaan seremonial MTQ Kota Dumai kali ini tentunya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya pada perhelatan MTQ dilaksanakan secara meriah. Namun pada kesempatan ini dilaksanakan secara sederhana, disebabkan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Semua orang diharuskan untuk waspada, siaga, dan membiasakan diri dengan tatanan kehidupan baru. Maka dari itu protokol kesehatan tetap dikedepankan dalam pelaksanaan acara tersebut.

Dalam sambutannya, H. Zulkifli AS mengatakan dimasa covid ini adalah saat yang tepat untuk mendidik anak agar membudayakan membaca Al-Quran.

“Karena kegiatan anak-anak kita lebih banyak dirumah, peran orang tua sangat penting untuk menumbuhkan kecintaan mereka terhadap Al-Quran,” ucapnya.

Walikota mengharapkan agar pelaksanaan MTQ bukan cuma untuk mengejar prestasi. “Mari kita jadikan momentum MTQ menjadi stimulus bagi umat Islam dalam pengembangan nilai-nilai dakwah yang bersumber dari kitab suci Al-Quran,” harapnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kota Dumai, H. Herdi Salioso yang juga selaku Ketua Panita Penyelenggara MTQ ke - XVII tingkat Kota Dumai tahun 2020 mengatakan bahwa MTQ ke - XVII terdiri dari 7 cabang, yang diikuti sebanyak 179 peserta dari perwakilan Kecamatan se-Kota Dumai.

Cabang Tilawah mengutus 61 peserta, Cabang Qiraat mengutus 38 peserta, Cabang Tahfiz mengutus 17 peserta, Cabang Syahril mengutus 33 peserta, Cabang MMQ mengutus 9 peserta, Cabang Khat mengutus 17 peserta dan Cabang Fahmil mengutus 15 peserta.

Pembukaan MTQ XVII tingkat Kota Dumai tahun 2020 ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Walikota Dumai, H Zulkifli AS bersama Forkompimda, Ketua LPTQ Kota Dumai dan Kepala Kantor Kemenag Kota Dumai, Drs. H. Syafwan disaksikan para peserta dan tamu undangan yang hadir. (Infotorial Pemko Dumai)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan