Riau

Polres Rohul Gelar Apel Pergeseran Personil Amankan TPS

ROHUL (MR) - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, pada Rabu 9 Desember 2020, Kepolisian Resor Rokan Hulu (Polres Rohul), melaksanakan Apel Pergeseran Personil Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Senin (7/12). 

Apel yang digelar di halaman Mako Polres Rohul itu, dipimpin langsung oleh Kapolres Rokan Hulu, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK, Perwira Apel Kasat Binmas AKP Hermawan dan Komandan Apel Kasat Sabhara AKP Kamsir, SH yang ditandai dengan pemeriksaan pasukan.

Hadir pada giat tersebut, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, Ketua DPRD Novliwanda Ade Putra, ST, M.Si, Ketua Pengadilan Pasirpengaraian Sunoto, SH, mewakili Kajari, Kasi Intel Ari Supandi, SH, MH, mewakili Kalapas Kelas II B Pasirpengaraian KPLP Parlin H. Simanjuntak, SH, M.Si, Kakesbangpol Musri, M.Si, Kadinkes, dr. Bambang Triono, Kasatpol PP dan Damkar Ridarmanto, Ketua Bawaslu Fahrul Islami Damsir, SH, MH, Ketua KPU Rohul.

Selain itu, ada Perwira dari Polda Riau, Polres Kampar, Polres Rohul, sedangkan peserta Apel Personil yang dilepas pengamanan TPS Pilkada Rohul 276 Personil Polres Rohul, 50 Personil BKO dari Brimob Polda Riau dan 100 Personil dari Polres Kampar dengan masing-masing tugas ada yang Patroli dan lainnya sesuai rangakaian pelaksanaan tahapan Pilkada 2020.

Kapolres Rokan Hulu AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat kepada Wartawan mengatakan, apel dilaksanakan pergeseran Personil Polres Rohul, Dalam Rangka Operasi Kepolisian Kewilayahan Mantap Praja Lancang Kuning 2020" Pengamanan Pilkada 2020.

Lanjut AKBP Taufiq dalam arahannya, dilepasnya sebanyak 426 personil dari Polres Rohul bersama BKO dari Polda Riau dan Polres Kampar, ada yang patroli, pengamanan TPS  dapat terlaksana nya rangkaian pengamanan tahapan pemilihan kepala daerah di wilayah Kabupaten Rokan Hulu yang aman, nyaman, sejuk dan Kondusif hingga selesai nantinya.

"Negara kita menganut demokrasi dan wujudnya adalah pilkada. Sehingga pelaksanaa tugas pengamanan pilkada menjadi tanggungjawab kita, baik buruknya hasil pilkada ditentukan oleh kerja seluruh personil yang ditugaskan," kata Kapolres.

AKBP Taufiq menambahkan, wilayah Kabupaten Rokan Hulu menjadi prioritas dan atensi pengamanan, dengan memberikan rasa aman nyaman kepada masyarakat pemilih.

Dengan mengenali semua yang bertugas di TPS dan Tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dengan berkordinasi kepada, Kapolsek, Camat Kepala Desa, perangkat desa masing-masing di tempat TPS tugasnya. 

Dan kepada Personil yang bertugas tegas Kapolres Rohul, untuk tetap menjaga kesehatan, karena Pilkada tahun ini berbeda dari pemilu sebelumnya, Pilkada Tahun 2020 dalam situasi Pandemi Covid-19. Untuk itu Tetap menjadi contoh kepada masyarakat untuk penerapan Protokol Kesehatan Covid-19.

"Para personil yang  melaksanakan pengamanan Pilkada di Kabupaten yang berjulukan negeri seribu suluk ini, memiliki tugas mulia," ungkapnya.

Kapolres Rokan Hulu  ini juga berpesan kepada seluruh personil yang ditugaskan untuk tetap menjaga netralitas, tidak terlibat Politik Praktis, kerena ada sanksinya.

Dengan Humanis Laksanakan penyampaian pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan selama masa Pilkada, Memakai Masker, Sering Cuci Tangan dan Menjaga Jarak ke setiap orang.

"Sampaikan langsung kepada masyarakat untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 selama Penyoblosan berlangsung, sehingga tidak ada terjadi kerumunan baik dalam dan di luar TPS," tuturnya. 

Kapolres Rohul juga mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Rokan Hulu yang ada hak pilihnya datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya pada Pilkada ini dengan menerapkan Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Kita semua berharap, seluruh tahapan pelaksanaan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Rokan Hulu hingga selesai terlaksana aman, nyaman, sejuk dan Kondusif dan menjadi contoh di Provinsi Riau," pungkasnya. 

Pantauan Wartawan, usai apel selesai, dilanjutkan dengan pembagian APK Covid-19 kepada seluruh personel yang bertugas Pengamanan TPS Pilkada Rohul seperti penambahan Masker serta Vitamin untuk menjaga stamina selama bertugas dan dilanjutkan Pelepasan Personil. (ber).




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan