Riau

Lanjutkan Program Audiensi, Faptekal Dumai Sambangi PT Wilmar

DUMAI (MR) - Forum Aksi Peduli Tenaga Kerja Lokal (Faptekal) Dumai kembali melakukan audiensi ke perusahaan.

Kali ini, (13/1), Faptekal menemui Pimpinan dan direksi PT Wilmar, General Manager (GM) Wilmar Rachmadsyah beserta Humas Marwan Anugrah dan Tulus langsung menemui mereka.

Pada kesempatan ini, Rachmadsyah mengatakan bahwa Ada potensi besar yang ada di industri CPO di Kota Dumai, namun sayangnya, beberapa perusahaan mengalami kesulitan untuk menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, di mana era persaingan perusahaan sudah semakin ketat.

Ia menyatakan, Demi memenuhi kebutuhan standarisasi yang ada, memang dibutuhkan program sertifikasi bagi pekerja.

Hal ini tentu saja perlu support dari seluruh pihak pemerhati pekerja demi memenuhi kualifikasi pekerja yang diminta agar bisa terus bersaing.

"Memang ada kesulitan dalam memenuhi SDM yang bersertifikasi di Kota Dumai, namun pihak Wilmar sendiri akan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut," Jelasnya.

Menyinggung soal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Memang diakui oleh pihak Wilmar bahwa untuk bagian khusus UMKM di perusahaannya tidak ada, namun hal tersebut tidak menghalangi Wilmar untuk berkiprah di UMKM, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggandeng pihak-pihak yang memang sudah berkompeten di bidang tersebut.

Dijelaskannya, Wilmar sudah memiliki UMKM yang saat ini sedang dalam pemantauannya yaitu UMKM di bidang pengolahan minyak serai yang berada di kawasan Pelintung.

Wilmar menyadari kehadirannya perlu mendatangkan manfaat bagi orang banyak, namun demi berkesinambungannya kerjasama yang baik di Bidang UMKM, maka para pengusaha diminta membuat sebuah master plan bisnis yang baik untuk memastikan bahwa bisnis yang akan dibantu tetap berjalan.

Walaupun demikian, Wilmar tetap terus memperhatikan hal-hal yang bersifat kemasyarakatan tersebut dalam bentuk donasi bantuan.

"Kita akan tetap memberikan kontribusi nyata terhadap para pelaku usaha UMKM di Kota Dumai, kami juga meminta kepada para pengusaha agar bisa merencanakan master plan bisnis agar bisa menjadi acuan untuk kemajuan bisnis mereka kedepannya," Kata GM Tersebut.

Rachmadsyah juga menerangkan, Sudah sepantasnya perusahaan bermitra dengan masyarakat untuk mengembangkan UMKM.

Apa lagi dengan adanya jalan tol, sudah saatnya seluruh pihak untuk membangun perekonomian Kota Dumai, dan masyarakat harus mengambil bagian dan jangan hanya menjadi penonton.

"Kami tetap berkomitmen untuk membantu masyarakat pelaku UMKM, dan hal itu memang sudah sepantasnya menjadi perhatian dari perusahaan yang ada, apa tak lagi sekarang sudah ada jalan tol, jangan mau kita hanya menjadi penonton," Ucapnya.

Diakhir kata, Rachmadsyah sangat mengapresiasi kegiatan Audiensi yang dilakukan oleh Faptekal Dumai, yang mana audiensi yang dilakukan ini mendengarkan dan menghimpun saran-saran dari perusahaan demi kemajuan Kota Dumai.

"Saya sangat berterimakasih dan mengapresiasi kegiatan Audiensi yang dilakukan oleh Faptekal Dumai, kegiatan yang sangat baik dan bertujuan yang mulia demi kepentingan dan kemajuan Kota Dumai, Wilmar juga terus membuka pintu yang selebar-lebarnya bagi siapapun yang ingin berdiskusi demi kepentingan bersama," Tutur Rachmad.

Ismunandar selaku Ketua Faptekal juga turut mengutarakan ucapan terimakasihnya, ia menegaskan, audiensi yang dilakukan ini merupakan suatu cara dari Faptekal untuk mendengarkan permintaan dari perusahaan.

Setelah ini, Nandar sapaan akrabnya mengatakan, seluruh saran dan permintaan dari perusahaan akan diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai untuk segera ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah.

"Alhamdulillah, Terimakasih kami ucapkan kepada Wilmar atas waktu dan atensinya, setelah ini, kami akan membuatkan notulen audiensi, yang mana notulen tersebut akan kami ajukan ke DPRD agar bisa ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah," Sampainya.

 

Penulis : Didin Marican




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan