Riau

Pipa Gas Rumah Tangga PT.PGN Bocor Lagi, Warga Tanjung Palas Resah

DUMAI (MR) - Siang yang gerah di RT.06 Gang Makmur Kelurahan Tanjung Palas kecamatan Dumai Timur, Senin (23/01/2021) tercium bau menyengat. Ternyata ada jalur pipa di salah satu rumah warga yang tidak mau disebutkan namanya, bocor dan merembes keluar sehingga mengeluarkan Gelembung disekitar parit.

Awak monitorriau.com mencoba menggali fakta lapangan di sekitar tempat lokasi perkara(23/01/2021). 

Dijelaskan warga, kejadian terjadi sekitar jam 11.30, warga melihat gelembung-gelembung di air dan mencium bau gas menyengat. Saat diperiksa ternyata jalur pipa  rumah tangga bocor.

"Segera saya ambil karet untuk mengikat pipa PGN  yang terbuat dari campuran-campuran bahan plastik. Saya sangat keberatan karena jalur pipa gas PT. PGN ini tidak memakai besi ataupun galvanis hanya bahan plastik padat warna kuning. Ini masalah nyawa pak, bagaimana seandainya nanti gas sampai kemana-mana tiba-tiba ada percikan api dan itu sampai ke rumah saya. Apakah PT.PGN tidak memiliki Standar operasional prosedur yang sesuai dengan Standar kementerian Energi dan mineral  dan kementerian lingkungan hidup," keluh warga.

Awak monitorriau.com juga  mengkonfirmasi kepada Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Rifai mengenai kejadian pipa rumah tangga bocor. 

"Ya benar telah terjadi kebocoran pipa gas rumah tangga dan kejadian ini sudah berkali-kali,warga kami sangat resah dan ketakutan. Mungkin ini akibat proyek proyek yang asal jadi,tidak safety karena jalur pipa gas rumah tangga ini kan diatas drainase harus memakai besi atau galvanis bukan plastik padat kuning dan sampai saat ini Pihak PT.PGN tidak pernah ada pemberitahuan kepada Pihak LPMK Atau ataupun Pihak Kelurahan bahwa ada Pekerjaan Pipa gas rumah tangga disini,tiba- tiba sudah ada pipa dan perbaikan pipa bocornya pun seadanya saja," ucap Rifai.

Warga sekitar tempat kejadian perkara juga mengeluhkan bau tak sedap sisa dari pipa gas bocor dan juga mengaku khawatir  gas yang keluar dari pipa bocor PT.PGN mencemari lingkungan.

Sampai saat berita ini dituliskan, awak media belum bisa mengkonfirmasi langsung kepada pihak PT.PGN dan pihak-pihak terkait lainnya. 

Penulis : Rico Fransisco Sitompul.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan