Nasional

Israel Tuduh Iran Pelaku Ledakan Kapal Tenggelam di Teluk Oman

MONITORRIAU.COM - Menteri Pertahanan Israel pada Sabtu (27/2/2021) mengatakan "dugaan awal" pelaku yang bertanggungjawab dalam ledakan kapal di Teluk Oman adalah Iran.

Kapal bernama MV Helios Ray dilaporkan mengalami ledakan dan tenggelam antara Kamis dan Jumat pagi waktu setempat.

"Iran ingin menyerang infrastruktur Israel dan warga Israel," ujar Gantz kepada penyiar publik Kan, seperti yang dilansir dari Reuters pada Minggu (28/2/2021).

"Lokasi kapal yang relatif dekat dengan Iran menimbulkan anggapan, penilaian, bahwa itu (penyerangnya) adalah orang Iran," lanjutnya.

Ia menambahkan, bahwa tuduhan itu adalah penilaian awal "mengingat kedekatan dan konteksnya, itulah penilaian saya," kata Gantz.

Sementara, penyelidikan lebih dalam segera dilakukan, pejabat Iran masih belum memberikan tanggapan langsung terkait kasus ini.

Kapal tenggelam tersebut adalah milik perusahaan Tel Aviv bernama Ray Shipping melalui perusahaan yang terdaftar di Isle of Man, menurut database pengiriman PBB.

Teradapat kerusakan di badan kapal berupa 2 lubang, berdiameter sekitar 1,5 meter.

"Tetapi, belum jelas bagi kami apakah ini disebabkan oleh tembakan rudal atau ranjau yang dipasang di kapal," kata Kan pada Jumat (26/2/2021), yang mengutip ucapan pemilik kapal, Rami Ungar.

Israel Channel 13 News mengatakan para pejabat pertahanan yakin angkatan laut Iran telah melancarkan serangan presisi ke Israel untuk menghindari korban.

Media tersebut melaporkan bahwa terdapat 2 tembakkan rudal ke bagian kapal.

Ia menambahkan delegasi Israel sedang dalam perjalanan ke Dubai, tempat kapal itu berlabuh, untuk melakukan penyelidikan. (KOMPAS.com)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan